7 Tips Sederhana Atasi Bau Kaki, Rutin Bersihkan Hingga Gunakan Lemon

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
7 Tips Sederhana Atasi Bau Kaki, Rutin Bersihkan Hingga Gunakan Lemon
Merendam kaki dalam air hangat adalah salah satu cara untuk menghilangkan bau kaki. Foto: Repro Fimela.com

" Seseorang selalu memperhatikan penampilan, namun tak sedikit beberapa hal merusak penampilan salah satunya adalah bau kaki yang tidak sedap "

KENDARI, TELISIK.ID - Seseorang selalu memperhatikan penampilan, namun tak sedikit beberapa hal merusak penampilan salah satunya adalah bau kaki yang tidak sedap.

Hal ini bisa menjadi mimpi buruk jika terjadi saat berada di kerumunan, misalnya di kantor atau di sekolah. Bau kaki bisa terjadi karena terlalu lama mengenakan sepatu tertutup. Tidak membersihkan kaki dengan benar juga bisa menjadi pemicu bau kaki muncul.

Dikutip dari hellosehat.com, Secara medis, masalah bau kaki dikenal dengan sebutan bromodosis. Bromodosis adalah kondisi di mana kaki memproduksi keringat berlebihan dan kaki menjadi lembap sehingga muncul aroma tidak sedap.

Tips Sederhana Menghilangkan Bau Kaki dilansir dari halodoc.com dan hellosehat.com, yaitu:

1. Rutin membersihkan kaki

Untuk menghilangkan bau kaki, kuncinya adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapihan kaki. Dengan begitu, bakteri penyebab bau kaki pun bisa dihilangkan. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan secara rutin agar kebersihan kaki tetap terjaga:

- Gunakan sabun berbahan lembut dan scrub untuk mencuci kaki setidaknya sekali sehari. Waktu terbaik untuk mencuci kaki adalah saat mandi pagi dan mandi sore. Setelah mencuci kaki, sangat penting untuk mengeringkan kaki sepenuhnya. Beri perhatian khususnya pada sela-sela jari kaki, di mana air yang tersisa bisa dengan mudah menyebabkan bakteri tumbuh.

- Gunting kuku kaki kamu sesering mungkin hingga pendek dan pastikan untuk membersihkannya secara teratur.

- Hilangkan kulit mati yang keras dari kaki kamu dengan foot file. Hal ini penting karena kulit keras akan menjadi lembek ketika basah dan menciptakan tempat di mana bakteri senang untuk hidup.

2. Rendam kaki dalam air hangat

Cara berikutnya untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki di dalam iar hangat. Gunakan air hangat yang dicampur dengan larutan garam selama 15-20 menit. Rendam kaki Anda di dalam larutan tersebut setiap hari.

Garam bisa membantu mengurangi produksi keringat pada kaki. Anda bisa melakukan hal ini sebelum tidur sehingga kaki Anda memiliki kesempatan untuk “bernapas” sebelum kembali mengenakan sepatu atau kaos kaki.

Baca Juga: 6 Obat Alami Mengatasi Kutu Rambut

3. Pilih sepatu dan kaus kaki yang tepat

Selain menjaga kebersihan kaki, kebersihan sepatu dan kaus kaki yang kamu kenakan juga mesti diperhatikan.

- Ganti kaus kaki setidaknya sekali sehari. Bila kamu beraktivitas di lingkungan yang panas atau berolahraga, harus lebih sering mengganti kaus kaki.

- Sebaiknya kamu memiliki dua pasang sepatu agar kamu bisa memakainya bergantian. Dengan begitu, kamu bisa memastikan setiap pasang sepatu benar-benar kering dari keringat selama sehari penuh sebelum dikenakan lagi. Kamu juga bisa melepas sol di sepatu untuk membantu mengeringkannya. Sepatu basah memungkinkan bakteri tumbuh di kaki dengan lebih cepat.

- Pilih kaus kaki yang menyerap keringat, misalnya kaus kaki tebal dan lembut yang terbuat dari serat alami atau kaus kaki olahraga.

- Hindari mengenakan sepatu yang ketat atau yang terlalu tertutup, sehingga tidak memungkinkan sirkulasi udara.

4. Gunakan garam

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, garam ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki, lho. Garam bisa mengurangi kelembapan di kaki dan melawan bakteri penyebab bau kaki. Caranya, campurkan garam ke dalam 1 baskom air hangat, lalu rendam kaki selama 20 menit.

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Menidurkan Anak

5. Oleskan minyak esensial

Menghilangkan bau kaki juga bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan minyak esensial alias essential oil. Oleskan minyak esensial, misalnya yang beraroma lavender, pada kaki Anda dan pijat lembut selama beberapa menit.

Selain memberikan aroma yang segar pada kaki, lavender memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.

6. Gunakan lemon

Kandungan anti bakterial dalam lemon dipercaya bisa membasmi bakteri penyebab bau kaki. Cara memanfaatkannya adalah siapkan 6 buah lemon yang sudah diperas. Kemudian, campurkan air lemon tersebut dengan 1 baskom air hangat. Rendam kedua kaki di dalam baskom selama 15 menit.

7. Gunakan cuka

Selain lemon, cuka yang punya kadar asam yang tinggi juga efektif membunuh kuman penyebab bau kaki. Caranya, campurkan setengah gelas cuka dengan 1 baskom air, lalu rendam kaki selama 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin, minimal sekali seminggu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga