8 Cara Jitu Menambah Banyak Follower di Media Sosial

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 26 Oktober 2022
0 dilihat
8 Cara Jitu Menambah Banyak Follower di Media Sosial
Follower yang banyak menjadi salah satu kesuksesan seseorang dalam mengoptimalkan media sosial. Foto: Repro google.com

" Media sosial saat ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Sebab banyak keuntungan yang bisa didapatkan kalau akun media sosial punya banyak follower "

KENDARI, TELISIK.ID - Media sosial saat ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Sebab banyak keuntungan yang bisa didapatkan kalau akun media sosial punya banyak follower.

Follower di media sosial bukanlah sekadar angka semata, namun ternayat bisa menjadi harga diri dan kebanggaan bagi banyak orang.

Jika memiliki banyak follower, seringkali bisa membuat orang merasa bangga, baik di Instagram, Twitter, Facebook, TikTok dan lain sebagainya. Semakin banyak follower yang dimiliki, maka akan semakin senang dan bangga, bahkan bisa menjadi sumber rezeki.

Makanya saat ini penting kita memiliki banyak follower bisa menebar bermanfaat secara efektif dan efisien.

Baca Juga: 6 Cara Penanganan Pertama Saat Anak Demam

Melansir yoursay.id dan karyakarsa.com, berikut beberapa tips agar mendapat banyak follower di media sosial:

1. Buat Konten Berkualitas

Kebanyakan orang tentu follow akun yang memiliki konten berkualitas. Untuk apa kita follow akun yang tidak penting dan tidak menghibur. Oleh sebab itu, agar kita bisa mendapat follower yang banyak, maka kita harus bisa membuat konten yang berkualitas.

Misalnya ketika kita ingin membuat konten komedi, maka pastikan konten tersebut lucu dan menghibur, bukan konten cringe yang menjijikkan.

2. Lakukan Riset 

Tidak semua konten berkualitas bisa laku dan menggaet banyak follower. Hal ini biasanya karena tidak cocok dengan audiens atau netizen. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan riset mengenai konten yang sedang disukai banyak orang. Dengan begitu, jangkauan kita bisa lebih luas.

3. Bentuk Personal Branding

Pengguna media sosial dan konten kreator sudah sangat banyak. Tidak sedikit yang memiliki konten berkualitas. Persaingan menjadi berat terutama bagi pemain baru.

Jika hanya modal konten bagus saja, mungkin kita akan kalah saing dengan yang lebih bagus atau lebih dulu tampil. Maka kita perlu memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan tidak dimiliki oleh orang lain. Kemudian dengan ciri khas tersebut kita bisa membangun personal branding.

4. Konsisten

Salah satu hal yang menyebabkan banyak orang gagal saat mengejar follower adalah karena tidak konsisten. Buat konten sangat bagus sekali namun berikutnya malas-malasan.

Hal ini akan membuat akun kita tenggelam. Kalaupun ada yang melihat, orang juga akan malas follow karena konten yang bagus hanya beberapa saja.

5. Bangun Kedekatan dengan Follower

Hendaknya kita jangan hanya fokus pada mencari follower baru. Kita juga perlu membangun kedekatan dengan follower yang sudah ada. Hal ini agar kita memiliki kesan yang baik di mata follower.

Dengan begitu, kita bisa mencegah follower kita melakukan unfollow. Selain itu, ada juga kemungkinan follower kita akan merekomendasikan teman atau kenalannya untuk ikut mengikuti kita juga.

6. Rajin Komen di Akun Lain

Tidak mudah membuat konten atau akun kita dilihat oleh orang lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberi komentar di akun lain. Namun, komentar kita harus masih dalam batas wajar. Jangan terkesan menganggu atau spam karena bisa membuat kita di-block.

7. Jangan Dikunci

Biasanya orang malas untuk follow akun yang dikunci, karena ia harus nunggu kamu approve request dari dia. Selain itu kamu juga kehilangan kesempatan buat ngasih tau apa isi media sosial kamu ke orang lain.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Membentuk Tim Kerja yang Solid dan Efektif

Kalau akun Instagram kamu terbuka tentunya ada kemungkinan lebih banyak untuk dapat like, komen dan masuk ke explore, yang berujung orang lain bisa follow kamu.

8. Pergunakan Tagar (Hashtag)

Hashtag atau tagar itu penting, khususnya di Instagram dan Twitter. Dengan memakai hashtag postingan kamu jadi lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

Kamu kira-kira bisa memakai sekitar 30 hashtag dalam satu postingan di Instagram. Tapi sebaiknya jangan sembarang memakai hashtag.

Pakai yang sesuai dengan postingan kamu. Boleh memakai hashtag yang sedang populer atau istilahnya kerennya ikutan “riding the wave”, tapi dilihat juga hashtag-nya masuk gak sama postingan kamu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan banyak follower di akun media sosial. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga