8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Makanan di Tangan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 01 Januari 2023
0 dilihat
8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Makanan di Tangan
Ketika bau amis pada tangan ini terjadi, cara menghilangkan bau amis di tangan dengan bahan alami bisa dijadikan solusi. Foto: Repro google.com

" Bau amis pada tangan salah satu kondisi yang seringkali dialami seseorang setelah memakan jenis makanan tertentu, seperti ikan dan sejenisnya. Hal ini harus dihindari sebab cukup mengganggu kenyamaan saat beraktivitas "

KENDARI, TELISIK.ID - Bau amis pada tangan salah satu kondisi yang seringkali dialami seseorang setelah memakan jenis makanan tertentu, seperti ikan dan sejenisnya. Hal ini harus dihindari sebab cukup mengganggu kenyamaan saat beraktivitas.

Pada umumnya, dikutip dari liputan6.com, bau amis berasal dari ikan atau daging. Selain alat makan dan alat masak, bau amis kerap menempel di tangan dan sulit dihilangkan dengan sabun serta air saja.

Ketika bau amis pada tangan ini terjadi, cara menghilangkan bau amis di tangan dengan bahan alami bisa dijadikan solusi.

Melansir cnnindonesia.com dari Cookist, berikut beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menetralisir bau makanan pada tangan:

Baca Juga: 10 Inspirasi Gaya Rambut Pria di 2023, Patut Dicoba

1. Bubuk Kopi

Jika Anda menyukai aroma kopi, cobalah gosokkan biji kopi atau bubuk kopi di tangan Anda hingga bau yang menyengat hilang.

2. Air dingin

Cara lain yang bisa membantu menghilangkan bau dari tangan adalah dengan menggunakan air dingin.

Pasalnya, mencuci tangan dengan air panas hanya akan membuka pori-pori di tangan dan membiarkan minyak dari makanan berbau meresap ke dalam kulit.

3. Lemon

Perasan lemon dapat membantu menetralkan bau dari makanan, terutama yang berasal dari ikan. Asam sitrat mengubah amina yang menyebabkan bau amis menjadi garam amonium yang tidak berbau.

Cobalah untuk membilas tangan dengan campuran perasan lemon dan air setelah dicuci. Atau, Anda juga bisa menggosokkan potongan lemon ke tangan setelah makan.

4. Barang stainless steel

Walau terdengar aneh, tapi menggosokkan tangan ke permukaan yang terbuat dari stainless steel dapat jadi cara menghilangkan sisa bau makanan di tangan.

Cobalah menggosok tangan pada panci atau keran stainless steel setelah makan. Ahli merekomendasikan untuk menggosok tangan setidaknya selama 30 detik sebelum mencucinya dengan air agar bau bisa hilang.

5. Baking soda

Baking soda atau soda kue adalah penetral dan pembasmi bau yang dikenal paling ampuh. Anda cukup mencampurkan 1 sdt baking soda dengan sedikit sabun tangan dan cuci-lah seperti biasa.

6. Garam

Garam memang bisa jadi cara untuk menghilangkan bau makanan di tangan. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan tangan tak memiliki kondisi luka sebelumnya.

Gosokkan garam pada tangan sebanyak dua kali. Lalu, cuci kembali tangan dengan air dan sabun.

7. Pasta gigi

Pasta gigi memiliki beberapa manfaat selain sekadar untuk membersihkan gigi. Pasalnya, pasta gigi dapat menghilangkan goresan, membersihkan lampu depan mobil, hingga menghilangkan bau dari tangan.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Agar Lebih Produktif di Tahun Baru

Cobalah untuk mencuci tangan menggunakan pasta gigi, lalu bilas. Kemudian, jangan lupa cuci kembali tangan menggunakan sabun biasa.

8. Klorofil

Cobalah gosokkan setangkai peterseli atau sayuran hijau ke tangan. Klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau dan bumbu segar lainnya punya kemampuan untuk menyerap bau. Gosokkan sayuran hijau pada tangan Anda, lalu cuci seperti biasa.

Nah, itulah beberapa beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menetralisir bau makanan pada tangan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga