868 Kontingen Kota Kendari Siap Rebut Juara Umum di Porprov

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
868 Kontingen Kota Kendari Siap Rebut Juara Umum di Porprov
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyerahkan bendera Kota Kendari pada Ketua KONI saat melepas Kontingen untuk mengikuti Porprov XIV di Kota Baubau dan Kabupaten Buton. Foto: Sumarlin/Telisik

" Sebanyak 868 kontingen Kota Kendari akan mengikuti pekan olahraga provinsi (Porprov) XIV Sulawesi Tenggara di Kota Baubau dan Kabupaten Buton 26 November hingga 3 Desember 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 868 kontingen Kota Kendari akan mengikuti pekan olahraga provinsi (Porprov) XIV Sulawesi Tenggara di Kota Baubau dan Kabupaten Buton 26 November hingga 3 Desember 2022.

Pada Porprov, Kota Kendari bertekad mempertahankan juara umum yang telah diraih di Kabupaten Kolaka empat tahun lalu. Kota Kendari akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni sebanyak 39.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, meminta semua kontingen untuk tetap menjaga kesehatan, keselamatan, semangat dan kekompakan demi mengharumkan nama Kota Kendari di Porprov mendatang.

Baca Juga: Tim Futsal Kota Kendari Target Medali Emas di Porprov

"Bonusnya sudah disiapkan dalam APBD, Insya Allah tidak akan kurang dari bonus seperti Porprov di Kabupaten Kolaka," ungkap Asmawa usai melepas kontingen, Senin (21/11/2022) malam.

Semangat mempertahankan juara umum Kota Kendari juga datang dari Ketua KONI Kota Kendari, Alamsyah Lotunani. Mantan Sekda Kota Kendari ini menargetkan untuk mempertahankan juara umum Kota Kendari harus meraih 150-200 medali emas.

"Kalau melihat dari Porprov Kolaka unggulan kita bisa meraih emas itu beberapa cabor di antaranya itu, atletik, selam, renang, silat,  menembak dan wushu," kata Alamsyah.

Dia menambahkan, 868 kontingen Kota Kendari yang akan mengikuti even empat tahunan itu terdiri dari atlet, official, teknisi, tenaga medis dan pelatih.

Sementara Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, DPRD siap mendukung penganggaran bonus atlet, untuk memberikan semangat pada mereka saat bertanding di Porprov Sulawesi Tenggara nanti.

"Anggarannya sudah kami bahas di DPRD bersama pemerintah kota, nilainya tidak jauh beda dengan bonus sebelumnya," ungkap Subhan.

Baca Juga: Fakta Menarik Duel Inggris vs Iran Malam Ini, Waspada dengan Harry Kane

Untuk diketahui, Porprov di Kabupaten Kolaka Tahun 2018, Kota Kendari mengutus kontingen sebanyak 847 orang yang terdiri dari 544 atlet, 130 pelatih dan official serta 173 pendamping dari organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Kendari.

Dari 32 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov di Kolaka, KONI Kota Kendari mengikutkan 32 cabang olahraga dan hasilnya Kota Kendari berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali 154 emas 100 perak dan 160 perunggu.

Terdapat 12 cabor peraih medali sekaligus bonus terbanyak yakni cabor selam sebesar Rp 791 juta, Atletik sebanyak Rp 465,5 juta, Renang sebanyak Rp 370,5 juta, Wushu sebanyak Rp 263,5 juta, Menembak sebanyak Rp2 51,5 juta, pencak silat Rp 214,5 juta, Kempo Rp 206 juta, Angkat berat Rp 167,5 juta, Golf Rp 138 juta, Sepak Takraw Rp 207,5 juta, Tinju Rp 97 juta dan Bola Basket Rp 109 juta. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga