9 Kebiasaan Baik Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mata

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 19 September 2022
0 dilihat
9 Kebiasaan Baik Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mata
Menjaga penglihatan mata menjadi penting agar aktivitas bisa maksimal. Foto: Repro hellosehat.com

" Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang bisa membantu dalam memperbaiki penglihatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mata menjadi organ tubuh yang sangat besar fungsinya dalam aktivitas sehari-hari. Berbagai upaya dilakukan untuk menjaganya agar tetap sehat.

Dikutip dari alodokter.com, setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak terlepas dari peran mata sebagai indera penglihatan. Meski fungsinya bisa menurun seiring pertambahan usia, tetapi Anda tetap bisa melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit mata.

Jutaan orang mengalami masalah mata setiap tahunnya. Beberapa masalah mata mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen atau kebutaan, sementara yang lain dapat diperbaiki dengan lensa kontak atau kacamata.

Makanya penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang bisa membantu dalam memperbaiki penglihatan.

Baca Juga: Catat, Ini 3 Cara Alami Atasi Gigi Sensitif

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut 10 kebiasaan baik untuk memperbaiki penglihatan Anda:

1. Pakai kacamata hitam dengan UV protection

Kulit bukan satu-satunya korban paparan sinar UV setiap hari. Sinar tak terlihat itu meningkatkan peluang seseorang terkena katarak atau kekeruhan pada lensa mata yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Ketika menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pertimbangkan menggunakan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UV yang dapat menyelinap masuk di sekitar sisi kacamata.

2. Terapkan pola makan sehat

Wortel memang disebut sebagai sayur yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Namun faktanya, setiap sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung atau sawi merupakan pembangkit tenaga pelindung penglihatan.

Sayur-sayuran ini penuh dengan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Para ahli menyarankan nutrisi ini dapat memblokir cahaya biru berenergi tinggi, yang dapat membahayakan sel retina, membantu melindungi penglihatan dan mencegah perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Telur juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Sayuran berwarna seperti wortel, ubi jalar atau paprika merah kaya akan beta-karoten, yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A, yang penting untuk penglihatan yang baik.

3. Olahraga teratur

Olahraga diyakini dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, yang semuanya dapat menyebabkan katarak.

Kardio juga dapat menurunkan tekanan intraokular atau tekanan di mata Anda yang dapat meningkatkan aliran darah ke retina dan saraf optik.

4. Tidur cukup

Tidur adalah waktu ketika cairan bersirkulasi dan menghidrasi mata dan terasa segar untuk hari berikutnya.

Tidur kurang dari lima jam setiap malam dapat menyebabkan Anda mengalami efek samping mulai dari sensitivitas cahaya dan penglihatan kabur hingga mata kering dan kedutan yang tidak disengaja, dikenal sebagai myokymia, yang terjadi ketika otot-otot di sekitar mata tidak cukup istirahat.

5. Istirahatkan mata sesekali

Ketika menatap layar komputer atau melakukan tugas lain yang membutuhkan konsentrasi visual, sering-seringlah beristirahat untuk mengistirahatkan mata. Terapkan aturan 20-20-20: Jauhkan pandangan dari layar setiap 20 menit, fokus pada sesuatu yang berjarak 20 kaki setidaknya selama 20 detik.

6. Jaga kebersihan mata dengan baik

Penting untuk menghapus semua sisa riasan mata sebelum tidur untuk mencegah iritasi di pagi hari. Riasan dapat menyumbat kelenjar minyak, dan ketika tersumbat, mereka tidak dapat menghasilkan minyak, seperti yang dikutip dari AARP.

Selain itu, jangan biarkan riasan bertahan terlalu lama. Pengawet dapat memecah, memungkinkan bakteri tumbuh yang dapat menyebabkan iritasi atau, lebih buruk lagi, infeksi yang buruk.

Orang yang memakai lensa kontak harus sangat berhati-hati dalam menjaga kebersihannya. Lensa kotor dapat menyebabkan infeksi mata. Maka dari itu, bersihkan setiap malam, lalu bilas menggunakan larutan garam steril sebelum menggunakan lensa.

7. Sering cek kesehatan mata

Manfaat janji temu dengan dokter mata lebih dari sekadar menjaga mata tetap berfungsi dengan baik. Pemeriksaan yang dekat pada lensa, retina, dan saraf optik dapat mengungkapkan sejumlah gangguan sistemik seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Baca Juga: 5 Pilihan Menu Sarapan Pagi bagi Penderita Maag

8. Jaga mata tetap lembap

Air mata tidak hanya keluar ketika seseorang menangis. Air mata melumasi mata dan menjaganya tetap sehat serta membantu penglihatan tetap jernih. Mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang memadai.

Minum lebih banyak air juga dapat menjaga mata lebih terlumasi. Disarankan juga untukmengoleskan kompres hangat pada mata yang tertutup selama 10 menit untuk melembutkan dan membuka sumbatan kelenjar minyak di sepanjang kelopak mata.

9. Berhenti merokok

Studi mengungkapkan bahwa perokok lebih mungkin untuk mengembangkan katarak dan dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan 'AMD' daripada mereka yang bukan perokok.

Rokok mengandung sangat banyak racun yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan mencegah aliran darah yang tepat untuk mencapai mata. Asap yang mengiritasi dari rokok juga dapat merusak lapisan air mata dan meningkatkan risiko mata kering. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga