adplus-dvertising

9 Manfaat Kayu Manis Dicampur Kopi untuk Kesehatan Anda

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 17 November 2020
7831 dilihat
9 Manfaat Kayu Manis Dicampur Kopi untuk Kesehatan Anda
Kayu manis adalah salah satu bumbu yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Dan menambahkannya ke dalam kopi tak hanya membuatnya lezat tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan dan mood (mood booster). Foto: Repro Google.com

" Bukan hanya bisa mengeluarkan rasa yang khas, tetapi kayu manis dalam secangkir kopi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi adalah minuman favorit yang dijadikan teman santai saat hang out atau bekerja. Tren minum kopi semakin diminati di kalangan kaum urban seiring menjamurnya kedai kopi.

Berbagai jenis dan racikan minuman kopi menawarkan cita rasa yang berbeda. Cobalah kali ini dengan menambahkan kayu manis dalam secangkir kopi.

Bukan hanya bisa mengeluarkan rasa yang khas, tetapi kayu manis dalam secangkir kopi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.


Boleh menambahkan kayu manis bubuk atau kayu manis batang, sama saja manfaatnya.

Kayu manis adalah salah satu bumbu yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Dan menambahkannya ke dalam kopi tak hanya membuatnya lezat tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan dan mood (mood booster).

Dilansir dari Jawapos.com, Selasa (17/11/2020), minum kopi dengan kayu manis bisa memberikan khasiat untuk tubuh.

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Menambahkan kayu manis ke kopi dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil, asalkan tidak menambahkan gula ke kopi.

Kayu manis memiliki rasa manis yang khas. Kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin segera setelah dikonsumsi.

Baca juga: Ini Manfaat dan Tips Tidur Siang yang Baik

2. Turunkan Berat Badan

Kayu manis bisa bermanfaat sebagai penekan nafsu makan. Menambahkannya ke kopi dapat membuat perasaan kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan.

3. Kaya Antioksidan

Kopi sangat tinggi kandungan antioksidan seperti polifenol, yang dikenal untuk melawan aktivitas radikal bebas penyebab gangguan kekebalan, kulit kusam dan penuaan.

Menambahkan kayu manis ke kopi memberi antioksidan dari kopi yang tinggi.

4. Tingkatkan Kognitif

Menurut sebuah penelitian, minum kopi setiap hari dapat membantu meningkatkan aktivitas otak.

Ada penelitian lain yang mengatakan hanya dengan mencium kayu manis dapat meningkatkan kekuatan pikiran. Keduanya punya khasiat yang sama.

5. Redakan Demam dan Flu

Minuman hangat ini mengusir flu. Kayu manis dikemas dengan antivirus, senyawa antibakteri yang membantu menjaga kekebalan tubuh.

Bumbu ini juga dikemas dengan banyak sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh flu.

6. Baik Untuk Jantung

Para ahli mengklaim kayu manis menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Membuat kopi kayu manis juga cukup mudah. Saat menyeduh secangkir kopi, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis. Minumlah.

Baca juga: 8 Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

7. Kayu Manis Miliki Kandungan Anti-inflamasi

Sering merasa nyeri atau bengkak pada sendi? Rasa tidak nyaman dari inflamasi atau peradangan ini dapat mengganggu aktivitas keseharian kamu.

Coba konsumsi kopi kayu manis. Rasa hangat dari rebusan air kayu manis bermanfaat meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh.

8. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Penggumpalan darah pada pembuluh darah dapat menimbulkan efek samping seperti kram otot, gangguan pencernaan, dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Salah satu manfaat kayu manis adalah melancarkan sirkulasi pembuluh darah arteri dan meningkatkan kinerja otot jantung.

Dengan konsumsi kayu manis, kamu akan merasakan lebih energetik dan aktivitas olahraga terasa lebih mudah.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Toppers mungkin ketagihan mengonsumsi makanan cepat saji atau gorengan karena rasanya yang gurih dan enak.

Namun, apakah kamu tahu jenis makanan ini tinggi akan lemak? Tidak heran mengapa semakin banyak orang mengalami penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk membantu menanggulangi efek samping ini, kamu bisa rajin mengonsumsi kayu manis.

Menurut American Heart Association, Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dari kayu manis mampu memperlambat proses penimbunan lemak, terutama di bagian perut, sehingga berpotensi mencegah penyakit kardiovaskular. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga