9 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Bisa Dijelajahi Hanya Sehari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 25 Agustus 2022
0 dilihat
9 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Bisa Dijelajahi Hanya Sehari
Vatikan merupakan negara dengan luas 0,44 km², tapi mampu menarik 5 juta wisatawan asing. Foto: Repro okezone.com

" Setidaknya ada 9 negara dengan luas yang lebih kecil dibandingkan dengan luas negara Singapura "

KENDARI, TELISIK.ID - Di kawasan Asia Tenggara, mungkin kita akan berpikir jika Singapura adalah salah satu negara terkecil di dunia. Namun nyatanya Singapura dengan luas 728,6 km² tersebut tak termasuk dalam daftar negara terkecil di dunia.

Setidaknya ada 9 negara dengan luas yang lebih kecil dibandingkan dengan luas negara Singapura.

Berikut ini 9 negara terkecil di dunia, seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, dan travelingyuk.com, antara lain:

1. Vatikan

Negara terkecil di dunia ditempati oleh Kota Vatikan yang memiliki luas wilayah 0,44 km², dengan populasi penduduk 800 jiwa (2018), yang terletak di Roma, Italia, Vatikan menjadi pusat dari Gereja Katolik.

Bahkan, gereja terbesar di dunia St Peters Basilica ada di Vatikan. Selain itu, lukisan terkenal di dunia seperti The Pieta dan The Creation o f Adam juga dapat ditemukan di negara terkecil di dunia ini.

Keunikan Vatikan adalah tidak memiliki warga negara tetap dan kewarganegaraan hanya diberikan kepada mereka yang bekerja di Vatikan serta anak-anak dan pasangannya. Status kewarganegaraan ini akan dicabut setelah mereka resmi berhenti bekerja.

Setiap tahun Vatikan mampu menarik 5 juta wisatawan dunia untuk datang ke negaranya. Berbagai benda seni terkemuka seperti Michelangelo Pieta, Kapel Sistina yang terkenal dengan lukisan dinding dengan kisah penciptaan manusia dan masih banyak lagi. Di negara kota ini pula terdapat kediaman pemimpin tertinggi umat Kristen yaitu Paus.

2. Monako

Monako menjadi negara terkecil kedua di dunia dengan luas wilayah sekitar 0,7  km² namun dihuni oleh 32.000 jiwa. Negara yang memiliki bendera sama dengan Indonesia ini berbatasan dengan Prancis di tiga sisinya dan satu sisi lainnya berbatasan dengan Laut Tengah.

Ekonomi di Monako sangat bergantung pada pariwisata serta kasino di sana. Itulah mengapa Monako dikenal sebagai salah satu negara perjudian dan barang-barang mewahnya. Acara tahunan populer di Monako adalah Formula 1 Grand Prix race.

3. Nauru

Terletak di sebelah timur dari Australia, Nauru menjadi negara kepulauan terkecil di dunia. Nauru memiliki luas wilayah 21 km², dengan populasi 10.308 jiwa (2017). Nauru merupakan republik independen dan satu-satunya negara tanpa ibu kota resmi.

Pulau ini juga dikenal sebagai pulau yang menawarkan sesuatu hal yang menyenangkan. Sayangnya, penduduk di Nauru diisi dengan orang-orang paling gemuk di dunia. Itulah mengapa Nauru merupakan wilayah dengan penderita diabetes tipe 2 tertinggi di dunia.

4. Tuvalu

Dilansir dari wikipedia.com, Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar.

Baca Juga: Destinasi Wisata Horor Anti Mainstream, Burj Al Babas Kota Hantu Terbesar di Dunia

Negara kepulauan ini juga dikenal sebagai Pulau Ellice, negara ini memiliki luas 26 km², dengan populasi 9.981 jiwa (2017).

Sebelum memperoleh kemerdekaan pada tahun 1978, Tuvalu masih masuk di wilayah Inggris. Tuvalu beribukota di Funafuti yang menjadi satu-satunya tempat yang menyediakan akomodasi dan transportasi.

5. Republik San Marino

Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dengan luas 61 km² serta populasi 32.131 jiwa.

Negara ini dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan Provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

Negara ini merupakan negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia. Meski wilayahnya kecil, San Marino memiliki nilai PDB per kapita tertinggi di Eropa.

6. Lichtenstein

Lichtenstein adalah sebuah negara yang berada di antara Austria dan Swiss. Dengan luas wilayah sekitar 160 km² menjadikannya sebagai negara terkecil keenam di muka bumi. Negara kecil ini sangat indah dengan bentang alam yang menakjubkan dan gunung-gunung cantik yang mengelilinginya.

Lichtenstein merupakan sisa-sisa terakhir dari Kekaisaran Romawi Suci yang hingga kini masih dipimpin oleh pewaris takhta keluarga Lichtenstein yang tinggal di kastil yang ada di atas bukit. Negara mungil yang hanya berupa sebuah titik dalam peta ini menjadi surga bagi traveler yang hobi maik ski. Saat musim dingin adalah waktu terbaik untuk mengunjungi negara ini.

Sama seperti San Marino, meski luas wilayahnya kecil, Liechtenstein memiliki PDB per kapita yang tinggi dengan angka pengangguran rendah.

7. Saint Kitts and Nevis

Nama lengkap dari negara terkecil satu ini adalah Federation of Saint Christopher and Nevis dengan ibu kota Basseterre. Pada tahun 1983, Saint Kitts and Nevis mendapat kemerdekaan penuh dari Inggris.

Baca Juga: Parah, Singapura Bakal Izinkan Seks Sesama Jenis

Negara memiliki luas 261 km² dengan populasi 56.780 jiwa (2017) yang berada di kepulauan Leeward, Karibia.

Dengan luas wilayah yang kecil memungkinkan para traveler untuk menjelajahi keseluruhan negara ini hanya dalam satu hari saja. Pilihan wisata pun beragam mulai dari wisata sejarah, kegiatan outdoor dan juga pantai.

Negara ini juga sering menjadi tujuan singgah kapal pesir mewah. Jika itu semua belum cukup cobalah untuk mengunjungi Taman Nasional Benteng Brimstone Hill yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dengan pemandangan menakjubkan dari puncak gunung berapi.

8. Maladewa

Dikutip dari wikipedia.com, Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia.

Maladewa memiliki luas 297,8 km², dengan populasi: 540.542 jiwa (2020). Negara ini terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.

9. Palau

Palau merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di wilayah Mokronesia, Oseania. Negara kepulauan ini terdiri dari 250 pulau kecil dan 8 pulau utama yang memiliki wilayah 459 km² dengan populasi 18.092 jiwa (2020).

Negara ini memiliki keindahan darat maupun laut. Di laut adalah surga scuba diving dengan terumbu karang yang sehat dan berbagai hewan laut beraneka ragam seperti hiu, kerang raksasa dan ikan berwarna-warni lainnya. Di darat beraneka ragam burung eksotis dan berbagai flora dapat dijumpai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga