966 Calon PPK Muna dan Muna Barat Bersaing di Seleksi Tertulis

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 04 Desember 2022
0 dilihat
966 Calon PPK Muna dan Muna Barat Bersaing di Seleksi Tertulis
Ketua KPU Muna, Kubais dan Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa. Foto: Ist.

" Total calon PPK yang dinyatakan lulus berkas berdasarkan rapat pleno sebanyak 966 orang. Rinciannya, di Muna 626 orang dan Muna Barat 340 orang "

MUNA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna dan Muna Barat telah mengumumkan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Total calon PPK yang dinyatakan lulus berkas berdasarkan rapat pleno sebanyak 966 orang. Rinciannya, di Muna 626 orang dan Muna Barat 340 orang.

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, jumlah calon PPK yang mendaftar melalui aplikasi Sistim Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA), sebanyak 627 orang yang tersebar di 22 kecamatan. Namun, yang dinyatakan lulus 626 orang.

"Satu orang tidak lulus, karena tidak memenuhi syarat pendaftaran, tidak mengunduh beberapa dokumen pendaftaran mulai dari riwayat hidup hingga surat keterangan kesehatan," kata Kubais, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Menduniakan Pulau Labengki dengan Sejumlah Keindahannya

Bagi calon PPK yang lulus administrasi itu masih akan bersaing pada seleksi tertulis yang dijadwalkan pada 6-7 Desember di gedung SMAN 1 Raha. Saat akan mengikuti seleksi, peserta wajib memperlihatkan KTP elektronik, membawa tanda bukti terdaftar sebagai calon PPK dan membawa dokumen persyaratan dalam bentuk hardcopy (bagi yang belum menyerahkan).

"Metode seleksinya melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). Naskah soalnya dari KPU-RI," ungkapnya.

Baca Juga: Moeldoko Layak Maju Capres di Pemilu 2024

KPU Muna membutuhkan 110 PPK di 22 kecamatan. Satu kecamatan terdiri dari lima orang PPK.

Sementara itu, Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa menerangkan, jumlah pendaftar 447 orang, yang mengupload dokumen di aplikasi SIAKBA sebanyak 355 orang. Setelah dilakukan verifikasi, 340 dinyatakan memenuhi syarat dan 15 tidak memenuhi syarat, karena dokumennya tidak lengkap. Jumlah PPK yang dibutuhkan untuk 11 kecamatan sebanyak 55 prang.

"340 calon PPK itu akan mengikuti seleksi tertulis 6-7 Desember di SMA 1 Tikep dibagi empat sesi. Satu sesi 50 orang," tukas mantan wartawan itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga