Ada Kampung Reforma Agraria di Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Ada Kampung Reforma Agraria di Kolaka Timur
Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis bersama Kakanwil BPN Sulawesi Tenggara, saat melakukan potong pita launcing kampung reforma agraria. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah Kolaka Timur, resmi melaunching pencanganan pilot project kampung reforma agraria di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia, Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kolaka Timur, resmi melaunching pencanganan pilot project kampung reforma agraria di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia, Kolaka Timur, Rabu (28/12/2022).

Reforma agraria merupakan nawa cita ke-5 yaitu program Indonesia kerja dan Indonesia sejahtera dengan mendorong landreform dan program kepemilikan tanah seluas 9 juta hektare, dan telah menjadi program prioritas nasional sesuai dengan amanat RPJMN 2020-2024.

Guna mendukung tercapainya reforma agraria melalui penyelenggaraan aset reforma disertai akses reforma, maka dibentuk gugus tugas reforma agraria Kabupaten Kolaka Timur berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kolaka Timur Nomor 188.45/57/ Tahun 2022 tertanggal 10 Maret 2022.

Baca Juga: PSU Pilkades Parigi Batal, Bupati Muna Siapkan Pj Kades

Plt Bupati Kolaka Timur, Abd Azis menuturkan, pembentukan kampung reforma agraria merupakan wujud dan bentuk keberhasilan dari penyelenggaraan reforma agraria yang di dalamnya telah dilaksanakan penataan aset, penggunaan tanah dan penggunaan akses.

Foto bersama saat launcing kampung reforma agraria di Desa Gunung Jaya, Kolaka Timur.Foto: Ist.

 

"Diharapkan kampung reforma agraria ini mampu menjadi etalase keberhasilan pelaksanaan reforma agraria dalam skala kecil," tambahnya.

Azis juga menuturkan, Pemda Kolaka Timur selalu berupaya dalam pemerataan pembangunan, pengurangan kesenjangan, serta penanggulangan kemiskinan dan ketahanan pangan.

Azis juga berharap, adanya pencanangan kampung reforma agraria di Desa Gunung Jaya bisa menjadi salah satu success story, dalam pelaksanaan reforma agraria di Kabupaten Kolaka Timur.

Tempat sama, Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Tenggara, Andi Renald mengungkapkan, hal itu sesuatu yang yang luar biasa karena suatu kesatuan yang lengkap.

"Mulai dari penataan aset, bantuan-bantuan mulai dari bibit, alat-alat pertanian dan perkebunan, hingga bantuan modal usaha," tambahnya.

Baca Juga: Puluhan Sopir Pengangkut Komoditi Pangan di Kolaka Utara Terima Bantuan

Ia juga menuturkan, jika itu merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi yang lengkap dan bisa mengharmoniskan semua stakeholder dengan membatu program gugus tugas reforma agraria.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Muhammad Isa Benhur menuturkan, pembentukan kampung agraria itu diharapkan bisa menjadi contoh untuk desa-desa lain yang ada di Kolaka Timur,

"Tadi kami sudah memberikan bantuan 5 unit lampu jalan di Desa Gunung Jaya," tambahnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga