Adakah Perebutan Juara Tiga Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2022?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 13 Januari 2023
0 dilihat
Adakah Perebutan Juara Tiga Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2022?
Rupanya tak ada jadwal perebutan juara 3 Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2022. Foto: Repro Kompas.com

" Timnas Indonesia dan Malaysia sama-sama kalah di laga semifinal Piala AFF 2022, dan gagal melaju ke partai final "

JAKARTA, TELISIK.ID - Langkah Timnas Indonesia secara resmi terhenti di kancah ajang kompetisi sepakbola terbesar Asia Tenggara, Piala AFF 2022, hanya sampai pada babak semifinal.

Terhentinya langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 tersebut diketahui setelah mengalami kekalahan di semifinal dengan skor aggregat 2-0 dari Timnas Vietnam.

Melansir Jogjasuaramerdeka.com, tak hanya Indonesia, kegagalan mencapai final Piala AFF 2022 juga dialami oleh Malaysia juga kandas dalam pertandingan semifinal dengan skor aggregat 3-1.

Lalu, kapan Indonesia vs Malaysia akan bertanding? Rupanya tak ada jadwal perebutan juara 3 Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2022.

Baca Juga: Ini Rangking FIFA Indonesia Usai Dikalahkan Vietnam di Piala AFF 2022

Mengutip Tirto.id, dalam aturan Piala AFF sejak 2007, memang sudah tidak ada lagi perebutan juara ketiga. Format penentuan medali perunggu Piala AFF terakhir kali terjadi pada 2004.

Pada 1998, atau edisi pertama Piala AFF, Vietnam menjadi juara ketiga. Dalam partai perebutan medali perunggu, The Golden Star Warriors mengandaskan perlawanan Indonesia dengan skor 3-2.

Baca Juga: Thailand Gulung Malaysia 3-0

Piala AFF 2002, Malaysia menang 3-0 dalam perebutan tempat ketiga lawan Vietnam. Berselang 2 tahun kemudian, giliran Vietnam yang jadi juara ketiga Piala AFF 2002 dengan mengalahkan Malaysia 2-1, membalikkan kejadian edisi sebelumnya.

Tim terakhir yang menyandang gelar juara ketiga Piala AFF adalah Malaysia. Dalam edisi 2004, tim ini menumbangkan Myanmar dengan skor 2-1. Partai final AFF edisi tahun tersebut mempertemukan Singapura vs Indonesia, yang dimenangi The Lions dengan agregat 5-2.

Dengan demikian, pada Piala AFF 2022 kali ini nantinya kompetisi tersebut hanya akan menyisakan pertandingan puncak atau final yang akan digelar antara Vietnam vs Thailand. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga