Air Permandian Topa di Muna Bisa Berubah Rasa

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Air Permandian Topa di Muna Bisa Berubah Rasa
Pemandangan permandian Topa Bonea di Kabupaten Muna yang bisa berubah rasa ketika air pasang. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Indahnya permandian Topa Bonea banyak menarik perhatian pengunjung lokal maupun luar daerah "

MUNA, TELISIK.ID - Indahnya permandian Topa Bonea banyak menarik perhatian pengunjung lokal maupun luar daerah.

Permandian Topa Bonea yang terletak di Desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna itu menyajikan pemandangan indah dengan bendungan mata air bagai kolam renang yang disertai seluncuran, sehingga banyak pengunjung datang ke tempat itu.

Mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak memilih permandian itu sebagai tempat merilekskan badan dari kepenatan, banyak yang hanya sekedar duduk ngopi atau makan cemilan yang dijual di permandian tersebut.

Baca Juga: Pantai Tanjung Malaha nan Eksotis

Seperti yang diungkapkan oleh Ronal, salah satu pengunjung yang kerap mendatangi permandian itu ketika libur, ia hanya sekedar duduk untuk minum kopi atau teh sambil melihat pemandangan di permandian tersebut.

"Kadang cuma duduk-duduk saja sambil ngemil, pokoknya cuma rilekskan pikiran sambil lihat wisatawan yang berkunjung di tempat ini," ungkapnya, Sabtu (28/1/2023).

Perjalanan ke permandian Topa pun tak begitu jauh jaraknya untuk ditempuh, hanya memakan waktu kurang lebih 21 menit dari pusat kota Muna Barat dan karcis untuk masuk pun hanya Rp 5000 per kendaraan, selebihnya wisatawan bebas untuk bermain atau sekedar duduk santai di permandian.

Di permandian Topa Bonea, terlihat banyak pengunjung yang berenang bersama sanak saudara, atau sekedar keliling kolam menggunakan perahu bebek yang disiapkan oleh pelaku usaha di tempat tersebut dengan sewa Rp 20.000, sewa ban atau pelampung pun hanya Rp 5000.

Hal unik dari permandian itu yakni ketika air  pasang rasanya akan sedikit asin seperti air laut, tetapi ketika surut rasanya airnya tawar.

"Kalau naik airnya suka asin airnya, kalau surut dia tawar lagi," ungkap salah satu warga, Desi.

Baca Juga: Kolaka Utara Miliki Puluhan Objek Wisata Menarik

Tak hanya itu, di Permandian Topa Bonea juga menyajikan taman bakau, para pengunjung juga dapat berselfie ria di taman bakau tersebut, di dalam taman bakau itu para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat estetik.

Para pengunjung terkadang membawa alat musik seperti musik organ tunggal untuk lakukan lulo bersama di permandian itu.

"Kalau hari libur atau tanggal merah seperti lebaran kadang ada yang bawa organ tunggal, terus mereka lulo, padat pengunjung beda kalau cuma Minggu," ungkap Intan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga