Aksi Sigap Brimob Polda Sulsel Bantu Damkar Padamkan Kebakaran

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Senin, 16 November 2020
0 dilihat
Aksi Sigap Brimob Polda Sulsel Bantu Damkar Padamkan Kebakaran
Personel Brimob Polda Sulsel saat membantu Damkar Kabupaten Bone memadamkan api. Foto: Ist.

" Rumah ini jarang sekali ditempati oleh pemiliknya, baru lampunya menyala terus saya lihat. Tadi waktu kebakaran saya lihat api dari dapurnya Pak, baru langsung besar karena rumah kayu. "

BONE, TELISIK.ID - Kebakaran yang terjadi Senin pagi (16/11/2020) sekitar pukul 09.00 Wita di kawasan padat pemukiman Jalan M.H. Thamrin, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, sempat membuat warga heboh.

Pasalnya api dengan cepat melahap rumah warga, Imran (35), yang terbuat dari kayu. Beruntung berkat kesigapan dari para personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bone, dibantu oleh personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, api dapat dipadamkan.

Meskipun rumah kayu yang jarang ditempati oleh pemiliknya ini ludes dilalap si jago merah, tapi api tidak sempat menjalar ke rumah warga di sekitar lokasi kebakaran.

Hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Menurut keterangan warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, pemilik rumah jarang menempati rumahnya.

"Rumah ini jarang sekali ditempati oleh pemiliknya, baru lampunya menyala terus saya lihat. Tadi waktu kebakaran saya lihat api dari dapurnya Pak, baru langsung besar karena rumah kayu," jelas Ramang (42), salah satu warga yang melihat langsung kejadian, kepada awak media.

Sementara itu, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. menjelaskan bahwa respon cepat personel Batalyon C Pelopor dalam membantu Damkar Kabupaten Bone memadamkan api yang menghanguskan satu rumah, merupakan salah satu wujud Bhakti Brimob untuk Masyarakat.

Baca juga: Disdukcapil Muna Jemput Bola Rekam KTP-el

"Lokasi kebakaran kebetulan berada tidak jauh dari Mako dan kami juga sempat melihat kepulan asap tebal di lokasi, jadi kami langsung menuju lokasi kebakaran untuk mengamankan TKP sebelum Pemadam Kebakaran tiba agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Kompol Nur Ichsan.

"Hal ini juga kami lakukan sebagai wujud dari Bhakti Brimob untuk Masyarakat dengan didasari oleh inisiatif dan rasa kemanusiaan yang tinggi," tambahnya.

Beruntung, kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sedangkan kerugian yang timbul akibat kebakaran ini masih diselidiki oleh pihak berwajib.

Setelah api berhasil dipadamkan, selanjutnya pasukan Brimob Batalyon C Pelopor bersama masyarakat sekitar melakukan pembersihan puing-puing sisa kebakaran.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S. S.IK. M.Si. mengatakan, Satbrimob Polda Sulsel selalu sigap dan tanggap terhadap bencana dan musibah yang menyangkut dengan kemanusiaan.

"Jadi kapan pun dan dimana terjadinya musibah atau bencana, kami siap membantu sebagai wujud dari Bhakti Brimob untuk Masyarakat," pungkasnya.(C)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga