Alami Kecelakaan Longboat, Dua Nelayan Berhasil Diselamatkan

Muh. Sabil, telisik indonesia
Jumat, 30 April 2021
0 dilihat
Alami Kecelakaan Longboat, Dua Nelayan Berhasil Diselamatkan
Tim Ops SAR gabungan ketika melakukan pencarian terhadap nelayan korban kecelakaan longboat. Foto: Ist.

" Iya betul berdasarkan informasi dari Tim SAR Kolaka, kapal mengalami kerusakan mesin, dimana baling-baling kapal lepas dan jatuh ke dalam laut. Itu kejadian sekira pukul 19.00 Wita di perairan Kolaka. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Tim Search and Rescue (SAR) mengevakuasi 2 nelayan dari kapalnya karena mengalami mati mesin di sekitar perairan Kolaka, Kamis (29/4/2021) malam sekira pukul 19.00 Wita.

Dua nelayan itu diketahui bernama Muhlis (42), serta Kadir (29), keduanya merupakan warga Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka.

Awal kronologi kejadian, pada hari Kamis tanggal 29 April 2021, sekira pukul 12.00 Wita kedua nelayan berangkat dari Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka untuk melaut.

Usai memancing, dalam perjalanan menuju pulang sekira pukul 19.00 Wita, longboat mengalami kerusakan, baling-baling longboat jatuh ke dasar laut.

Akibat kerusakan tersebut, kedua nelayan terpaksa berusaha mendayung kapal secara manual selama 2 jam lamanya, hingga kelelahan dan terombang-ambing terbawa arus.

Baca juga: Hasil Panen Melimpah, Pemkab Konawe Lakukan Jurus Jitu Serap Beras Petani

Selanjutnya, pada pukul 20.25 Wita, Command Center Basarnas Kendari menerima informasi dari Muhlis, salah satu korban yang melaporkan bahwa pada pukul 19.00 Wita, satu buah longboat mengalami mati mesin di sekitar perairan Kolaka.

Kepala Seksi (Kasi) Humas Polsek Kawasan Pelabuhan Kolaka (KPK), Didin Sarwahyulah saat dikonfirmasi Telisik.id melalui WhatsApp, membenarkan kejadian tersebut.

"Iya betul berdasarkan informasi dari Tim SAR Kolaka, kapal mengalami kerusakan mesin, dimana baling-baling kapal lepas dan jatuh ke dalam laut. Itu kejadian sekira pukul 19.00 Wita di perairan Kolaka," tutur Didin Sarwahyulah, Jumat (30/4/2021).

Dia menambahkan, Basarnas Kendari menerima informasi dari salah satu korban atas nama Muhlis sekira pukul 20.25 Wita.

Jarak lokasi kejadian kecelakaan (LKK) longboat dengan Dermaga Nusantara Kolaka, yaitu sekira 1,18 Nautical Mile (NM) arah selatan, dengan titik koordinat 4° 4.168'S, 121° 34.966'E, yang berjarak sekira 2 NM atau setara 3,704 kilo meter dari pelabuhan Syahbandar Kolaka.

Baca juga: 11 Kabupaten Belum Masukkan Data DTH, Gubernur NTT Keluarkan Ultimatum

Setelah menerima informasi itu, pada pukul 20.55 Wita, Tim Rescue Danpos Basarnas Kolaka beserta tim gabungan yang dipimpin oleh Zulkifli langsung diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB), guna memberikan bantuan terhadap kedua nelayan.

Selama masa pencarian, pada pukul 22.30 Wita Tim Ops SAR akhirnya berhasil menemukan kedua korban dalam keadaan selamat dan langsung dilakukan evakuasi.

"Alhamdulillah kedua nelayan berhasil ditemukan dengan selamat, ditemukan Tim Ops SAR pada pukul 22.30 Wita", ungkap Didin Sarwahyulah.

Pada pukul 22.03 Wita, Tim SAR gabungan bersama dua korban tiba di Dermaga Nusantara Kolaka. Kemudian, tim gabungan menyerahkan korban kepada keluarga masing-masing.

Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat, maka Tim Ops SAR terhadap satu buah longboat mengalami mati mesin di sekitar perairan Kolaka dinyatakan selesai dan ditutup.

Proses pencarian dan evakuasi melibatkan Pos SAR Kolaka 6 orang, Polres Kolaka 2 orang, dan Pos TNI Angkatan Laut (AL) Kolaka 1 Orang. (B)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga