Alasan Mengejutkan Orang Kaya di Dunia Pilih Handphone Android Ketimbang iPhone

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
Alasan Mengejutkan Orang Kaya di Dunia Pilih Handphone Android Ketimbang iPhone
Anggapan iPhone merupakan HP untuk orang kaya, dan android untuk orang biasa. Ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi juga di banyak negara di dunia. Foto: instagram @theapplehub

" Anggapan iPhone merupakan handphone (HP) untuk orang kaya dan Android untuk orang biasa. Ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi juga di banyak negara di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggapan iPhone merupakan handphone (HP) untuk orang kaya dan Android untuk orang biasa. Ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi juga di banyak negara di dunia.

Tapi ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Melansir Inews.id salah satunya adalah pemilik Telegram, Pavel Durov, berkali-kali mengkritik iPhone dan lebih memilih smartphone dengan sistem operasi Android.

Begitu juga dengan orang terkaya ke-4 di dunia, Bill Gates. Sosok yang disebut-sebut sebagai elit global yang menguasai dunia ini juga diketahui menggunakan smartphone Android.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android yang Paling Boros Baterai

Pendiri Microsoft itu menggunakan smartphone Android didasarkan beberapa pertimbangan. Pertama, Microsoft tak lagi fokus mengembangkan sistem operasi mobile sejak beberapa saat lalu. Merek Nokia yang diakuisisi pada 2013 pun telah dilepas dan kini menjadi milik HMD Global.

Microsoft bisa dibilang kembali pada bisnis intinya, yakni menciptakan software untuk desktop, disertai infrastruktur komputasi, aplikasi produktivitas, dan artificial intelligence (AI).

Kendati demikian, Bill Gates menggaris bawahi dirinya paling banyak menggunakan aplikasi Microsoft pada ponsel Android yang tak disebutkan jenisnya. Aplikasi yang dimaksud antara lain Microsoft Word, Skype, Teams, dan Outlook.

Saat ini memang sistem operasi mobile yang lazim digunakan khalayak adalah Android ciptaan Google dan iOS ciptaan Apple. Pertanyaan selanjutnya, mengapa Bill Gates tak beralih ke iOS?

Baca Juga: Hati-Hati, 16 Aplikasi Android Ini Berisi Malware Penguras Baterai HP

“Saya sebenarnya beralih ke Android dengan tetap menggunakan software Microsoft. Tapi tidak, tidak iPhone,” begitu ditegaskan Bill Gates dilansir dari Kompas.com.

Bill Gates mengindikasikan kekagumannya pada sistem operasi yang dikembangkan Google. Secara bisnis, Microsoft dan Google kerap kali berkompetisi dalam hal pengembangan software produktivitas.

Kendati demikian, prinsip-prinsip Microsoft sejatinya lebih condong ke Android ketimbang iOS. Pengguna bisa melakukan modifikasi sistem operasi, sifatnya lebih terbuka dan memungkinkan kolaborasi dengan perusahaan lain. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga