Amazon Resmi Tutup Alexa Mei Tahun Depan, Ini Penggantinya

Saydul Akram, telisik indonesia
Jumat, 10 Desember 2021
0 dilihat
Amazon Resmi Tutup Alexa Mei Tahun Depan, Ini Penggantinya
Tangkapan Layar Laman Situs Alexa.com

" Alexa.com, situs pengukur rangking website, akan menutup layanannya pada 1 Mei 2022 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Alexa.com situs pengukur rangking website akan menutup layanannya pada 1 Mei 2022. Anak perusahaan Amazon ini telah beroperasi selama 25 tahun sejak 1996 silam.

Berdasarkan rilis yang diterima Telisik.id, para pelanggan tidak lagi memiliki akses ke alexa.com setelah 1 Mei 2022. Namun pihaknya tidak mengungkapkan alasan di balik penutupan tersebut.

"Dua puluh lima tahun yang lalu kami mendirikan Alexa Internet. Hari ini kami mengumumkan bahwa setelah lebih dari dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi pemirsa digital Anda, kami akan menutup alexa.com pada 1 Mei 2022," ungkap Tim Alexa.com dalam rilisnya.

Dalam pengumumannya, Tim Alexa menyampaikan, penutupan tersebut bukanlah hal yang mudah karena alexa.com telah beroperasi selama lebih dari 2 dekade.

“Kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan alexa.com," tulis laman tersebut, Kamis (9/12/2021).

Perusahaan teknologi ini didirikan Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada 1996 namun tiga tahun kemudian diakuisisi Amazon. Pemberian nama Alexa untuk menghormati salah satu perpustakaan terbesar di zaman kuno, Library of Alexandria.

Alexa.com merupakan situs yang banyak digunakan para pengguna untuk mengukur rangking situs, memantau lalulintas traffic, meneliti konten, menganalisa kompetitor website, meneliti kata kunci dan masih banyak lagi.

Dengan ditutupnya Alexa pada Mei nanti, pengguna dapat beralih ke platform alternatif yang serupa dengan alexa.com seperti similarweb.com, semrush.com, ahrefs.com, moz.com dan comscore.com. (C)

Penulis: Saydul Akram

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga