Anaknya Ikut Diberkati Paus Fransiskus, Ternyata Ini Agama dan Biodata Lengkap Nadiem Makarim

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 07 September 2024
0 dilihat
Anaknya Ikut Diberkati Paus Fransiskus, Ternyata Ini Agama dan Biodata Lengkap Nadiem Makarim
Anak Mendibudristek Nadiem Makarim diberkati Pemimpin Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus di Graha Pemuda Kompleks Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024) malam. Foto: Repro Antara

" Tak sedikit yang mencari informasi tentang agama Nadiem di media sosial, khususnya di platform TikTok "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim baru-baru ini menjadi perhatian warganet. Perhatian tersebut bukan terkait kebijakan atau kinerjanya, melainkan karena agama yang dianutnya.

Hal ini bermula setelah tersebarnya video dan foto yang memperlihatkan anak Nadiem yang masih bayi mendapatkan pemberkatan dari Paus Fransiskus di Gereja Katedral, Jakarta.

Dalam momen itu, Nadiem terlihat hadir bersama istri dan anaknya. Nadiem menghampiri Paus Fransiskus untuk memberikan kenang-kenangan. Ia ditemani oleh istrinya, Franka Franklin, yang menggendong sang bayi.

Saat bertemu, Paus Fransiskus menanyakan nama anak mereka dan kemudian mengelus kepala sang bayi.

Video dan foto tersebut pun viral di media sosial, menarik perhatian netizen, khususnya terkait agama Nadiem Makarim. Banyak yang penasaran dengan keyakinan yang dianut oleh Nadiem, terutama setelah momen pemberkatan oleh Paus tersebut.

Baca Juga: Meneteskan Air Mata di Depan Paus Fransiskus, Anna Nurawalia Mengaku Muslim Sejati

Tak sedikit yang mencari informasi tentang agama Nadiem di media sosial, khususnya di platform TikTok.

Mengutip newsokezone.com, Sabtu (7/9/2024), Nadiem Makarim sebenarnya beragama Islam. Ayahnya, Nono Anwar Makarim, merupakan keturunan Arab-Minang, sementara ibunya, Atika Algadri, berdarah Arab, Jawa, dan Madura.

Nono Anwar Makarim adalah seorang intelektual dan pengacara ternama yang pernah mengenyam pendidikan di Harvard.

Meski Nadiem adalah seorang muslim, istrinya, Franka Franklin, beragama Katolik. Franka Franklin sendiri adalah seorang co-founder dari Tulola Jewelry, sebuah perusahaan perhiasan berbasis di Bali. Franka juga menjabat sebagai direktur utama di perusahaan tersebut.

Pernikahan Nadiem dengan Franka berlangsung secara Katolik pada tahun 2014 di sebuah gereja di Bali. Meski berbeda keyakinan, Nadiem dan Franka menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis dan penuh toleransi. Hingga saat ini, mereka telah dikaruniai empat anak.

Dalam pernikahannya, Nadiem dan Franka menunjukkan bahwa perbedaan agama tidak menjadi halangan bagi mereka untuk membangun keluarga yang solid. Keduanya menjaga sikap saling menghormati satu sama lain dalam menjalani kehidupan berkeluarga.

Nadiem sendiri lahir pada 4 Juli 1984 di Jakarta. Sebagai anak dari Nono Anwar Makarim, seorang pengacara ternama, Nadiem mendapatkan pendidikan yang sangat baik sejak usia dini. Ayahnya, Nono, adalah lulusan Harvard dengan gelar doktor di bidang hukum, menjadikan keluarga ini sangat berpendidikan.

Baca Juga: Sosok Paus Fransiskus ke-266: Ternyata Ini Alasan Tanah Air Dipilih jadi Tempat Kunjungan Pemimpin Katolik Dunia

Setelah menyelesaikan pendidikannya di luar negeri, Nadiem memilih untuk kembali ke Indonesia. Dengan latar belakang akademik yang mumpuni, Nadiem dengan cepat terjun ke dunia kerja. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah sebagai konsultan di McKinsey & Company, sebuah perusahaan konsultan ternama di Jakarta. Nadiem menghabiskan waktu tiga tahun di perusahaan tersebut.

Selain itu, Nadiem juga sempat bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia. Dalam perjalanan kariernya, ia juga pernah menjabat sebagai Chief Innovation Officer di Kartuku.

Namun, yang paling mengangkat namanya di kancah nasional dan internasional adalah saat ia mendirikan Gojek, sebuah aplikasi layanan transportasi yang kini menjadi perusahaan unicorn di Indonesia.

Setelah sukses dengan Gojek, Nadiem akhirnya dipanggil untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga