Anda Demam? Yuk, Kenali Beragam Obat Penurun Suhu Tubuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 19 Desember 2021
0 dilihat
Anda Demam? Yuk, Kenali Beragam Obat Penurun Suhu Tubuh
Suhu tubuh yang meningkat atau demam sebenarnya merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia untuk memerangi infeksi. Foto: Repro hellodokter.com

" Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius yang umumnya merupakan respons tubuh terhadap penyakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Demam seringkali dialami seseorang di saat kekebalan tubuh menurun. Untuk menurunkan suhu tubuh, obat penurun demam kerap menjadi pilihan utama.

Hanya saja, ada baiknya jenis obat ini tidak digunakan sembarangan dan dosisnya perlu disesuaikan dengan usia serta kondisi kesehatan penderitanya.

Sebagian masyarakat tak hanya mengkonsumsi obat medis, namun kerap juga mengatasi demam dengan bahan-bahan alami.

Mengutip halodoc.com, demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius yang umumnya merupakan respons tubuh terhadap penyakit.

Suhu tubuh yang meningkat atau demam sebenarnya merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia untuk memerangi infeksi.

Demam seringkali disertai dengan gejala lain, di antaranya sakit kepala, menggigil, berkeringat, atau mual dan muntah. Untuk mengatasi demam, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat demam.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Luluran Bagi Kesehatan Kulit dan Wajah 

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah beberapa jenis obat demam yang perlu Anda ketahui:

1. Ibuprofen

Ibuprofen termasuk obat demam yang dapat dikonsumsi oleh anak dan dewasa. Obat ini termasuk obat antiradang nonsteroid yang juga sering digunakan untuk meredakan rasa nyeri, misalnya pada bayi yang sedang tumbuh gigi.

Meski begitu, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi di bawah usia 6 bulan. Penggunaan obat ini pada ibu hamil pun tidak dianjurkan, terutama pada kehamilan trimester ketiga.

2. Naproxen

Selain ibuprofen, terdapat jenis obat antiradang nonsteroid lain yang juga bisa Anda gunakan untuk mengobati demam, yaitu naproxen. Tidak hanya demam, naproxen juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri sendi.

Penting untuk diketahui bahwa naproxen hanya boleh dikonsumsi oleh anak di atas usia 5 tahun dan dewasa. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk diberikan pada ibu hamil dan menyusui, serta lansia.

3. Paracetamol

Konsumsi paracetamol terbukti efektif bisa menurunkan demam. Obat ini umumnya dikonsumsi setiap 4–8 jam sekali tergantung kebutuhan. Selain itu, paracetamol juga aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, bahkan ibu hamil.

Meski demikian, dosis paracetamol untuk anak sebaiknya sesuai resep dokter, karena perlu disesuaikan dengan berat badan anak. Di samping itu, obat ini juga perlu diberikan secara hati-hati pada penderita penyakit hati.

Baca Juga: Ingin Hilangkan Kerutan di Wajah secara Alami? Yuk Lakukan 6 Cara ini

4. Aspirin

Aspirin bermanfaat untuk mengatasi demam, nyeri, dan peradangan. Selain untuk menurunkan demam, obat ini juga sering digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Pemberian aspirin tidak disarankan untuk bayi dan anak, karena bisa mengakibatkan sindrom Reye. Bagi ibu hamil dan menyusui, obat ini pun tidak dianjurkan penggunaannya tanpa konsultasi lebih dulu dengan dokter.

Inilah beberapa obat yang dapat membantu menurunkan demam pada tubuh. Namun, ketika memeriksakan ke rumah sakit atau puskesmas, dokter biasanya tidak hanya memberikan obat demam tapi juga obat lainnya seperti antibiotik dan sebagainya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga