Andi Nur Lapae Meninggal Dunia, Sosok Inspirasi Para Tokoh di Sulawesi Tenggara

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Andi Nur Lapae Meninggal Dunia, Sosok Inspirasi Para Tokoh di Sulawesi Tenggara
Ratusan masyarakat bertakziyah di kediaman Andi Nur Lapae, terlihat Lukman Abunawas (pegang mic) sedang membawakan tausiyah tepat di sebelah jenazah. Riksan Jaya/Telisik

" Salah satu tokoh terkemuka, Andi Nur Lapae yang mengisi berbagai posisi penting di Sulawesi Tenggara hingga akhirnya pensiun pada posisi Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2013, baru saja dikembumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tokoh terkemuka, Andi Nur Lapae yang mengisi berbagai posisi penting di Sulawesi Tenggara hingga akhirnya pensiun pada posisi Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2013, baru saja dikembumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari, Selasa (27/2/2024).

Diketahui, Andi Nur Lapae menghembuskan nafas terakhirnya pada sekitar pukul 21:00 Wita, Senin (26/2/2024) di rumah kediamannya.

Dari informasi yang diterima Telisik.id, Almarhum ditemukan tak sadarkan diri di kamarnya. Keluarga sempat melarikan Andi Nur Lapae ke Rumah Sakit (RS) Santa Anna, namun setibanya dirumah sakit, Andi Nur Lapae dinyatakan telah meninggal dunia, Selasa (27/2/2024).

Dari pantauan Telisik.kd di rumah kediaman almarhum, terlihat beberapa tokoh politik yang hadir untuk bertakziyah. Salah satunya Lukman Abunawas memberikan tausiyah agama kepada para pelayat yang hadir sebelum jenazah diantarkan ke Mesjid ad-Da’wah untuk dishalatkan.

Baca Juga: Kota Kendari Harus Bersiap Hadapi Kemacetan

“Beliau adalah orang baik, saya mewakili keluarga untuk memohon maaf yang sebesar-besarnya,” sebutnya, Selasa (27/2/2024)

Sementara itu, Nur Alam, mantan Gubernur Sultra dua periode mengaku bahwa ia mempunyai hubungan yang sudah lama sejak dirinya masih dibangku sekolah.

“Secara pribadi saya punya hubungan yang sangat dalam dengan almarhum, disamping kelurga, dia guru saya ketika saya masih di SMPN 3 Wua-Wua, kemudian guru saya di kegiatan bela diri Kempo," katanya.

"Stelah itu komunikasi kami terus tidak terhenti sampai beliau pun ikut membantu jajaran yang saya pimpin sebagai kepala Diklat, Karo Humas, dan sempat beliau bertugas sebagai Sekda Kolaka Timur,” tambah Nur Alam.

Muhammad Endang SA, salah satu tokoh politik partai Demokrat menyebutkan bahwa ia kagum akan kecerdasan dan integritas almarhum.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: Toko Marina Kendari Cari Karyawan yang Tidak Baperan, Ini Kualifikasinya

“Beliau orang yang pintar, berpengalaman, rekam jejak yang baik, yang paling utama alhamdulillah sejauh yang saya tahu beliau tidak ada kasus,” sebutnya.

Ketua Pengurus Besar (PB) Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Sultra, Rusmin Abdul Gani, yang juga ikut dalam prosesi meng-shalatkan jenazah, menyampaikan bahwa Andi Nur Lapae adalah salah satu tokoh Sultra yang patut untuk dijadikan teladan bagi kaum muda.

Andi Nur Lapae merupakah tokoh Sultra terkemuka di dunia politik, pemerintahan, olaharaga bela diri, bahkan di dunia akademisi dan sejarah.

Hingga akhir hayatnya, tercatat telah menerbitkan empat buah novel bernuansa etnis Tolaki, bahkan sebelum meninggal Andi Nur Lapae sempat menuliskan sebuah puisi yang berisikan pesan bagi anak-anaknya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga