Anggaran Dampak Sosial Konawe Dipangkas

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Senin, 26 Oktober 2020
0 dilihat
Anggaran Dampak Sosial Konawe Dipangkas
Sekda Konawe, Ferdinan Sapan (kiri) saat menyerahkan KUA-PPAS ke Ketua DPRD Konawe, Ardin. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik.

" Sektor pertanian terus kita genjot. Sarana-sarana pendukung pertanian kita bangun. Entah itu jalan usaha tani maupun aspek lain yang mensupport pertanian. Kita sudah teruji dari dua situasi yang merugikan, bencana alam dan pandemi. "

KONAWE, TELISIK.ID - Anggaran dampak sosial atau kesiapan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejumlah Rp 75 miliar dipangkas menjadi Rp 1 miliar oleh Pemkab Konawe.

Hal itu diungkapkan Sekda Konawe yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapan, usai menyerahkan KUA-PPAS di DPRD Konawe, pada Senin (26/10/2020).

Ia mengatakan, pemangkasan tersebut mengingat Pemkab Konawe tidak menerapkan PSBB. Olehnya, pihak Pemkab menyesuaikan dengan postur anggaran, yakni sekira Rp 1 miliar untuk penanganan dampak sosial.

Baca juga: Pemkab Konawe Gelar Pelatihan Protokoler

"Tidak mungkin anggaran tersebut dihabiskan dalam dua bulan, apalagi kita tidak PSBB. Jadi, anggarannya ditarik kembali ke kas daerah (Kasda) untuk diporsikan pada alokasi kegiatan lainnya," terang Ferdinan.

Ia menambahkan, postur APBD-P Konawe Tahun 2020 tetap fokus kepada penanganan wabah COVID19. Selain penanganan dampak sosial, pihaknya pun tetap menaruh perhatian terhadap dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat pandemi.

"Sektor pertanian terus kita genjot. Sarana-sarana pendukung pertanian kita bangun. Entah itu jalan usaha tani maupun aspek lain yang mensupport pertanian. Kita sudah teruji dari dua situasi yang merugikan, bencana alam dan pandemi," tutupnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga