Anggaran Pembangunan Asrama Mahasiswa Muna Barat di Kendari Capai Rp 1 Miliar

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Anggaran Pembangunan Asrama Mahasiswa Muna Barat di Kendari Capai Rp 1 Miliar
Desain asrama mahasiswa Muna Barat dari program pemda yang akan dibangun di Kendari. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat telah menyiapkan anggaran untuk percepatan pembangunan asrama mahasiswa di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat telah menyiapkan anggaran untuk percepatan pembangunan asrama mahasiswa di Kota Kendari.

Anggaran tersebut melekat di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan sebesar Rp 1 miliar di APBD 2023.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, LM Amrin membenarkan hal itu. Kata dia, proses perencanaan pembangunan asrama mahasiswa Muna Barat sudah tuntas.

Baca Juga: Polemik Tarif Tiket Kapal Cepat Rute Kendari-Raha-Baubau, Ombudsman Sulawesi Tenggara Turun Tangan

“Tinggal diajukan di Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk dilelang,” ungkapnya, Kamis (30/3/2023).

Amrin mengaku, asrama mahasiswa Muna Barat telah didesain dengan konstruksi dua lantai. Kemudian direncanakan dua gedung putra dan putri

“Jadi jumlah kamarnya itu kurang lebih 300 kamar. Masing-masing gedung 150 kamar dan di antara dua gedung itu ada penghubung,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan fondasi, cakar ayam juga pembangunan tanggul, karena ada bagian tanah yang tidak rata.

Meski demikian, ia juga mengaku anggaran pembangunan asrama mahasiswa itu akan terus dianggarkan hingga pembangunan gedung dan fasilitas di dalamnya tuntas.

“Untuk APBD induk, kurang lebih Rp 1 miliar, dan akan ditambah di perubahan anggaran, begitu juga seterusnya, karena ini tidak bisa putus harus berlanjut terus sampai tuntas,” pungkasnya

Sementara Kabag Kesra Muna Barat, La Karimun mengatakan harapan pemerintah dari program itu agar generasi muda, khususnya mahasiswa merasa pemerintah ikut andil dalam kebutuhan pendidikan.

"Semoga generasi muda semakin termotivasi untuk belajar lebih giat," ujarnya.

Tak hanya itu, adanya program itu tentunya bisa memberi semangat mahasiswa dan menciptakan SDM unggul, berintegritas, kompeten dan berdaya saing, namun sekaligus menunjung tinggi nilai moral dan keagamaan.

"Intinya kita bersyukur bahwa ada perhatian pemda terhadap adik-adik, saran dari berbagai pihak tentunya sangat membantu dan akan  terus menjadi bahan perbaikan," tegasnya

Salah satu mahasiswa Muna Barat, Asdir sangat mendukung percepatan pembangunan asrama tersebut dan mengapresiasi program pemerintah daerah dalam mewujudkan keinginan mahasiswa Muna Barat selama ini, bukan hanya janji belaka.

Baca Juga: Waktu Pembelajaran Sekolah Dikurangi Selama Ramadan

Dengan program pembangunan asrama mahasiswa tersebut bisa membantu biaya pendidikan dan ongkos asrama tak lagi dibebankan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

"Ini kan program strategis pemerintah, semua mahasiswa khususnya generasi muda mempunya hak yang sama mendapatkan akses bantuan seperti ini," katanya.

Sehingga pemerintah daerah bisa lebih berkontribusi dan turut andil terhadap keberlangsungan generasi muda untuk estafet kepemimpinan ke depan. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga