Anggota DPRD Butur Tanggapi Soal Perubahan Jadwal KM Cantika Lestari 8F

Aris, telisik indonesia
Kamis, 10 Maret 2022
0 dilihat
Anggota DPRD Butur Tanggapi Soal Perubahan Jadwal KM Cantika Lestari 8F
KM Cantika Lestari 8F. Foto: Aris/Telisik

" Dengan adanya kapal Cantika sangat membantu masyarakat dari segi pelayanan "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buton Utara (Butur), Ahmad Afif Darvin angkat bicara soal kisruh jadwal kapal berlayar KM Cantika Lestari 8F.

Pasalnya, jadwal pelayaran kapal cantika tersebut telah berubah.

Awalnya jadwal kapal berlayar tiga kali dalam seminggu. Dari Wanci (Wakatobi) singgah di Butur baru ke Kendari. Tetapi, pihak Syahbandar Kendari mengeluarkan surat, jadwal keberangkatan menjadi dua kali dalam seminggu.

Karena perubahan jadwal kapal tersebut menuai problem, olehnya itu, terkhusus masyarakat Butur yang juga sebagai anggota DPRD, ia meminta kepada Syahbandar agar menarik kembali surat yang telah dikeluarkan dan menormalkan seperti semula jadwalnya.

Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Butur ini juga mengungkapkan, kapal yang memiliki rekomendasi izin sandar dari Pemda, hanya PT Darma Indah, dalam hal ini Kapal Cantika Lestari 8F.

Baca Juga: Jelang Ramadan 1443H, Kakorlantas Mabes Polri Sidak Jalan di Pulau Jawa

"Yang lainnya itu tidak ada," ungkapnya. Kamis (10/3/2022)

Sebagai pimpinan DPRD, ia meminta KSOP Syahbandar Kendari untuk menarik kembali surat yang telah dikeluarkan. Jika tidak diindahkan, Afif menegaskan, selain Kapal Cantika jangan ada yang sandar di Butur. Karena menurut dia, yang memiliki izin sandar di Butur hanya Cantika tersebut.

"Jadi saya minta waktu 3×24 jam untuk dikembalikan, kalau tidak akan ada pergerakan massa," tegasnya.

Dengan adanya surat pembatasan jadwal kapal Cantika tersebut, menurutnya sangat meresahkan masyarakat. Karena dari segi pelayanan dan fasilitasnya sangat baik. Pihaknya juga mengambil langkah dengan bersurat resmi ke pihak Syahbandar, Dinas Perhubungan dan DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca Juga: Tak Ada Anggaran Transportasi, Pelaksanaan Bimtek Pilkades Serentak di Butur Disorot

Hal senada juga disampaikan Rahman, yang juga sebagai Anggota DPRD Butur. Ia mengaku, dengan adanya kapal Cantika ini sangat membantu masyarakat dari segi pelayanan.

Pertama, adanya kapal Cantika ini, selain merasa nyaman, harga tiketnya terjangkau. Kemudian, jika ada orang sakit atau kedukaan, terbantu dengan digratiskan tiketnya.

"Masyarakat resah itu karna ada dasarnya, yang terpenting itu tidak melampaui peraturan gubernur, yang jelasnya masyarakat sangat terbantu khususnya masyarakat Butur," jelasnya. (B)

Reporter: Aris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga