Angka Penderita HIV AIDS di Kolaka Utara Meningkat Signifikan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 28 Februari 2023
0 dilihat
Angka Penderita HIV AIDS di Kolaka Utara Meningkat Signifikan
Penderita penyakit HIV-AIDS di Kabupaten Kolaka Utara tahun 2022 meningkatkan signifikan. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Angka penderita penyakit menular Human Immunodeficiency Virus, Acquired Immunodeficiency Syndrome atau lebih dikenal dengan istilah (HIV-AIDS) di Kabupaten Kolaka Utara meningkat signifikan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Angka penderita penyakit menular Human Immunodeficiency Virus, Acquired Immunodeficiency Syndrome atau lebih dikenal dengan istilah (HIV-AIDS) di Kabupaten Kolaka Utara meningkat signifikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2M), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Utara, Hunadimiati menuturkan, penderita HIV-AIDS di Kolaka Utara pada tahun 2021 sebanyak 7 orang. Selanjutnya, tahun 2022 angka penderi meningkat signifikan menjadi 9 orang.

"Satu dari 9 penderita HIV-AIDS dinyatakan meninggal dunia, sementara sisanya tersebar di semua kecamatan di Kolaka Utara," terangnya.

Baca Juga: Polres Kolaka Utara Bakal Sanksi Berat Anggota Tak Netral pada Pilkades

Mayoritas penderita HIV-AIDS katanya, didominasi oleh pekerja seks komersial (PSK) terselubung, satu orang ditemukan heteroseksual.

"Kami menghimbau masyarakat Kolaka Utara agar berhati-hati. Tidak jajan sembarangan, tidak suka gonta-ganti pasangan, dan menerapkan pola hidup sehat dengan setia kepada pasangannya saja," jelas Hunadimiati.

Penularan HIV-AIDS yang cukup signifikan ini kata dia, menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Kolaka Utara.

"Sekali lagi sampaikan agar berhati-hati karena penurunan HIV-AIDS sangat cepat dan tidak mampu disembuhkan," tukasnya.

Sementara itu, Programer HIV-AIDS Bidang P2M Dinkes Kolaka Utara, Sakaruddin, AMK menyatakan, penyebaran HIV-AIDS di Kolaka Utara dominan disebabkan melalui hubungan intim atau seksual.

Awalnya mereka merasakan gejala tertentu, setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui jika mereka telah terinfeksi penyakit HIV-AIDS.

"Gejalanya hampir mirip dengan penderita penyakit TBC yakni penurunan berat badan, mencret dan demam lebih dari satu Minggu," urainya.

Kata dia, penderita penyakit menular HIV-AIDS di Kolaka Utara meningkat tahun ini. Menduga karena adanya aktivitas pertambangan dan meningkatnya jumlah PSK terselubung di Kolaka Utara.

Baca Juga: Imbas COVID-19 Penduduk Miskin Kolaka Utara Naik

"Kebanyakan penularan dari PSK dan memang PSK yang terinfeksi sulit untuk dideteksi. Tapi, penyebarannya hampir di semua kecamatan," tukasnya.

Menurut Sakaruddin, bagi mereka yang terjangkit HIV-AIDS tidak dapat disembuhkan. Karena itu, mereka hanya diberikan obat untuk menjaga dan meningkatkan kestabilan daya tahan tubuh mereka.

"Bukan mendahului takdir, tapi obat yang mereka konsumsi hanya berfungsi untuk memperpanjang masa hidup saja," pungkasnya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga