Anies Baswedan Khawatir Penjegalan dan Kecurangan Usai Jokowi Ngaku Cawe-cawe di Pilpres 2024

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Anies Baswedan Khawatir Penjegalan dan Kecurangan Usai Jokowi Ngaku Cawe-cawe di Pilpres 2024
Bakal capres koalisi perubahan untuk persatuan, Anies Baswedan, menerima banyak ungkapan kekhawatiran, usai Presiden Jokowi menyatakan akan cawe-cawe demi bangsa dan negara termasuk soal Pemilu 2024. Foto: Ayojakarta

" Bakal capres koalisi perubahan untuk persatuan, Anies Baswedan, menerima banyak ungkapan kekhawatiran usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, akan cawe-cawe demi bangsa dan negara termasuk soal Pemilu 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bakal capres koalisi perubahan untuk persatuan, Anies Baswedan, menerima banyak ungkapan kekhawatiran usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, akan cawe-cawe demi bangsa dan negara termasuk soal Pemilu 2024. 

"Kami banyak sekali menerima ungkapan aspirasi dan kekhawatiran. Ada yang mengungkapkan kekhawatiran penjegalan," kata Anies.

Selain itu, Anies menyampaikan ada pihak yang juga mengaku khawatir dikriminalisasi serta penyelenggaran Pemilu 2024 yang tidak adil.

Baca Juga: Penerapan Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Menguat?

"Ada yang mengungkapkan kekhawatiran kriminalisasi, ada yang mengungkapkan tidak netralnya penyelanggaraan pemilu, ada khawatir tentang caleg-caleg yang mendapat perlakuan tidak fair," ungkap Anies dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Di sisi lain, Anies berharap ungkapan kekhawatiran itu tak terwujud usai Jokowi bilang akan cawe-cawe. Anies berharap Pemilu dan Pilpres 2024 berjalan secara netral tanpa ada kecurangan.

Baca Juga: Ihsan Ridwan Inginkan Pilkada Muna Santun

"Nah, kami berharap kekhawatiran-kekhawatiran yang tadi diungkapkan tidak benar. Itu adalah kekhawatiran saja dan dalam kenyataannya pemilu tetap seperti semula, pilpres seperti semula. Setiap partai punya hak yang sama untuk mencalonkan, setiap caleg punya hak yang sama untuk berkampanye dan mendapatkan perlakukan yang sama. Begitu juga setiap capres memiliki hak yang sama, penyelenggara juga melakukan ini dengan fair, dengan baik, dan netral," imbuhnya dilansir dari detik.com.

Presiden Jokowi sebelumnya mengaku akan tetap cawe-cawe demi bangsa dan negara. Cawe-cawe Jokowi termasuk soal Pemilu 2024. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga