Anjungan Teluk Kendari Segera Diresmikan, PKL Pertanyakan Nasibnya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 11 Januari 2022
0 dilihat
Anjungan Teluk Kendari Segera Diresmikan, PKL Pertanyakan Nasibnya
Siap diresmikan akhir Januari, Anjungan Teluk Kendari berdampak pada nasib para pedagang. Foto: Nurdian Pratiwi/Telisik

" Selain Anjungan Teluk Kendari, pemerintah juga mengupayakan agar wahana hiburan yang berada di tempat yang sama, dapat segera selesai "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengerjaan Anjungan Teluk Kendari yang terletak di Jalan Ir H Alala, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, telah rampung 100 persen, dan kini tinggal menunggu peresmian oleh Wali Kota Kendari.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Kendari, La Ode Abdul Manas Shalihin mengatakan bahwa selain pengerjaan Anjungan Teluk Kendari, pemerintah juga mengupayakan agar wahana hiburan yang berada di tempat yang sama, dapat segera selesai menyusul dengan anjungan tersebut.

“Proyek anjungan sudah aman, tinggal wahana permainannya saja yang perlu diselesaikan secepatnya, supaya bisa diresmikan bersamaan,” katanya pada Telisik.id, Selasa (11/1/2022).

Lebih lanjut, kata dia, pihak pemerintah juga masih memikirkan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum peresmian tersebut, salah satunya adalah nasib para pedagang kaki lima.

“Sampai saat ini, tentu hal itu masih menjadi perundingan kami. Tapi yang pasti, akan ada penertiban atau penataan ulang terkait dengan para pedagang,” katanya.

Di samping itu, salah seorang pedagang kaki lima, indrawati, sebelumnya menyampaikan tanggapannya mengenai pembangunan tersebut saat ditemui Telisik.id.

Indrawati mengatakan, pembangunan tersebut mempunyai dua dampak yang berbada kepadanya. Ia merasa dengan adanya Anjungan Teluk Kendari memang membuat orang beramai-ramai mendatangi tempat tersebut, sehingga memberikan dampak yang baik bagi para PKL.

“Yah sejauh ini saya dengan pedagang lainnya masih aman-aman saja, dagangan saya juga masih stabil,” katanya, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Hibah Tanah dan Bangunan Diusulkan Seluas 2.695 Meter Persegi untuk Kemenhub RI

Indrawati menambahkan, walaupun begitu ia tetap merasa khawatir dengan nasib dagangannya ke depan.

“Saya sudah 4 tahun jualan di sini, dan setelah dengar isu kami akan dipindahkan, saya jadi merasa khawatir, karena katanya tempat kami berjualan ini bakal dijadikan lahan parkir,” ungkapnya.

Baca Juga: Telan Anggaran Miliaran, Proyek di RS Bahteramas Tak Kunjung Tuntas

Indrawati cuma bisa berharap semoga ada perhatian lebih dari pemerintah kepada para pedagang seperti dirinya.

Anjungan Teluk Kendari sendiri merupakan tempat wisata sekaligus wahana hiburan terbesar di Kendari, yang berkonsep perahu layar bernuansa restoran. (B)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga