Apakah Body Checking di Miss Universe Indonesia Wajib Foto Telanjang?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 09 Agustus 2023
0 dilihat
Apakah Body Checking di Miss Universe Indonesia Wajib Foto Telanjang?
Perhelatan Miss Universe Indonesia 2023 diwarnai kasus kontroversi perihal pemeriksaan badan (body checking) peserta yang dilaporkan dilakukan secara telanjang. Foto: Instagram @vinaanggisitorus

" Perhelatan Miss Universe Indonesia 2023 diwarnai kasus kontroversi perihal pemeriksaan badan (body checking) peserta yang dilaporkan dilakukan secara telanjang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Perhelatan Miss Universe Indonesia 2023 diwarnai kasus kontroversi perihal pemeriksaan badan (body checking) peserta yang dilaporkan dilakukan secara telanjang.

Proses pemeriksaan tersebut kabarnya dilakukan oknum tertentu, bukan atas dasar persetujuan semua pihak di ajang kontes kecantikan bergengsi tersebut.

Apa penting menilai fisik seseorang dengan begitu detail melalui proses body checking?

Mukie Muza, Co-founder Indonesian Pageants yang merupakan komunitas pencinta beauty pageant terbesar di Indonesia mengatakan body checking memang lazim dilakukan sebagai bagian penilaian dalam kontes kecantikan.

Baca Juga: 5 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami, Pakai Ini

"Mengenai body checking, sejauh perjalanan Indonesian Pageants, hal ini dilakukan pada babak preliminary dan juga malam final," terangnya, dikutip dari Kompas.com.

Body checking bisa diartikan sebagai penilaian fisik untuk mengetahui kebugaran para finalis. Pemeriksaan tubuh dapat bervariasi, yakni dari ringan hingga sangat mengganggu yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Mengutip Cnbcindonesia.com, para ahli mengatakan bahwa pemeriksaan tubuh dapat berkaitan erat dengan gangguan makan atau kondisi kesehatan mental lainnya. Pemeriksaan tubuh muncul sebagai perhatian berlebihan terhadap bentuk, berat badan, dan ukuran tubuh.

Selain itu, orang yang melakukan pemeriksaan tubuh umumnya merasa khawatir tentang kulit, rambut, atau fitur wajah mereka.

Dikutip dari Republika.co.id, pemeriksaan tubuh memang bisa dilakukan dengan membuka pakaian, tetapi hanya oleh sesama perempuan dan tidak diambil gambarnya. Sewajarnya pemeriksaan ini tidak menyisakan jejak digital untuk menghindari penyalahgunaan.

Baca Juga: Ini Merek Lipstik Lokal Terbaik yang Bisa Anda Coba

Untuk mengikuti Miss Universe Indonesia, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi calon peserta, seperti harus berkewarganegaraan Indonesia, berusia antara 18-27 tahun pada tanggal kontes berlangsung.

Kemudian ada syarat tinggi badan minimal, tidak pernah terlibat kriminal dan kejahatan apa pun, tidak pernah menjadi model untuk materi pornografi, aehat secara fisik dan mental, tidak memiliki penyakit yang menular dan lainnya.

Kandidat juga diharuskan mengirimkan foto saat mengenakan kaus putih dan jeans berwarna putih yang diunggah melalui laman registrasi di situs web Miss Universe Indonesia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga