Arab Saudi Izinkan Warga Indonesia Masuk Tanpa Transit

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 26 November 2021
0 dilihat
Arab Saudi Izinkan Warga Indonesia Masuk Tanpa Transit
Warga Indonesia diizinkan masuk ke wilayah Saudi tanpa harus transit di negara ketiga, termasuk jemaah umrah. Foto: Repro Rabbanitaour

" Arab Saudi mengizinkan pendatang dari enam negara termasuk Indonesia masuk langsung ke negara itu tanpa harus transit di negara ketiga "

JEDDAH, TELISIK.ID - Arab Saudi mengizinkan pendatang dari enam negara termasuk Indonesia masuk langsung ke negara itu tanpa harus transit di negara ketiga.

Izin masuk itu akan berlaku mulai 1 Desember mendatang. Selain Indonesia, lima negara lainnya adalah Pakistan, Brasil, Vietnam, Mesir, dan India.

Setibanya di Saudi, para pendatang dari keenam negara itu tetap diwajibkan menjalankan karantina selama lima hari di fasilitas yang ditentukan pemerintah Saudi.

Karantina lima hari tersebut wajib dijalankan seluruh pendatang dari enam negara terlepas status vaksinasi mereka di negara asal, menurut pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi.

"Sumber itu menekankan pentingnya mematuhi penerapan semua tindakan pencegahan COVID-19 yang diterapkan pemerintah," bunyi laporan kantor berita Saudi, SPA, seperti dikutip Al-Arabiya pada Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Tingkat Kesuburan Loyo, Resesi Seks China Nular ke India?

Baca Juga: Negara Ini Halalkan Ganja jika Dipakai Hanya untuk Senang-Senang

"Dia (pejabat Kemendagri Saudi) juga mengatakan bahwa semua prosedur tindakan harus dievaluasi terus menerus oleh otoritas kesehatan Saudi, sesuai dengan perkembangan situasi epidemiologis secara global," papar SPA menambahkan.

Pengumuman ini dikeluarkan berdasarkan pembaruan terhadap situasi COVID-19 Saudi dan global, termasuk di enam negara tersebut.

Dengan aturan ini, pendatang dari Indonesia, termasuk jemaah umrah tak perlu lagi transit di negara ketiga untuk pergi ke Saudi. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga