Asrun Lio Jadi Plh Sekda Sultra, Ali Mazi: Kalau Tidak Bagus Kita Ganti Lagi

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
0 dilihat
Asrun Lio Jadi Plh Sekda Sultra, Ali Mazi: Kalau Tidak Bagus Kita Ganti Lagi
Gubernur Sultra, Ali Mazi saat memberikan SK Plh Sekda Sultra kepada Asrun Lio. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio diangkat sebagai pelaksana harian (Plh), Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Secara resmi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio diangkat sebagai pelaksana harian (Plh), Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra.

Dirinya diberikan mandat secara langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, melalui Surat Keputusan (SK) PLH yang dilakukan Rabu (6/4/2022) di rumah jabatan (Rujab) Gubernur Sultra.

Asrun Lio sendiri menggantikan Nur Endang Abbas, yang tepat hari ini, Rabu (6/4/2022), memasuki masa pensiun, dan diangkat sebagai pejabat fungsional widyaiswara ahli utama yang akan menjabat selama lima tahun ke depan.

Ali Mazi mengatakan, pergantian sementara Sekda pastinya sudah dipikirkan, artinya tidak mungkin hanya sekedar menunjuk atau memilih asal-asalan.

"Pastinya kriterianya harus pintar, bijak, dan mengerti sistem pemerintahan. Meskipun Plh ini hanya berlaku selama tujuh hari, tetapi tugas dan tanggung jawabnya sangat besar. Sehingga meskipun sebagai Plh, harus betul-betul dipilih secara baik. Dan saya rasa Asrun Lio, memenuhi unsur-unsur tersebut," ungkapnya kepada Telisik.id, Rabu (6/4/2022).

Namun, politisi partai Nasdem tersebut, menyebutkan bukan tidak mungkin, untuk mencabut dan menganti Plh baru, jika selama masa tugasnya tidak begitu baik.

"Yah kita ganti kalau dia tidak bagus, artinya kan kita tunjuk karena sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Jika selama satu Minggu ke depan, Asrun Lio tidak begitu bagus, kita cari lagi penggantinya," jelasnya.

Lanjut dia, mengenai pengangkatan Pj Sekda, itu masih akan dikondisikan dengan keadaan. Di mana melihat dulu satu Minggu kedepannya.

"Bisa jadi kita perpanjangan status Plh atau mengangkat lansung menjadi Pj. Makanya kita lihat dulu ke depan seperti apa, apakah itu ada nama baru, yang menjadi Pj atau tidak. Itu masih menjadi rahasia," ucapnya.

Terkait soal pemilihan atau seleksi Sekda siapa yang akan diusulkan, dirinya menyebut, masih sementara mencari siapa yang akan diusulkan ke tim Pansel Sekda.

Baca Juga: Media Telisik.id Audiensi bersama Perum Bulog Sultra

"Nda bisa dibocorkan sekarang lah, yang jelas kita punya keriteria khusus siapa yang layak menjadi Sekda. Terpenting adalah, dia mampu mengerjakan seluruhnya, dan mempunyai jaringan yang luas, terutama pada pusat, karena seluruh kepentingan ASN dia yang atur. Yang pastinya kita inginkan secepatnya ada Sekda definitif, supaya kita bekerja bisa lancar," jelasnya.

Tempat sama, Plh Sekda Sultra, Asrun Lio mengungkapkan, meskipun masih bersifat Plh, namun harus tetap memberikan pekerjaan yang maksimal.

"Pastinya kita harus bekerja secara profesional, membantu tugas-tugas gebernur dan menjalankan pemerintahan agar tetap baik. Intinya akan tetap fokus di setiap tugas dan jabatan yang diberikan, berusaha memberikan yang terbaik," katanya.

Terkait soal pengangkatan jadi Pj, kata dia, itu semua tergantung dari gubernur, siapa yang akan diangkat menjadi Pj Sekda.

Baca Juga: Tahun Ini Masa Jabatan 7 Kepala Daerah di Sultra Berakhir, Siapa Pj Bupati Ditunjuk Gubernur?

"Sekarang hanya berusaha bekerja dengan baik, jika arahan Pak gubernur memperpanjang setatus Plh atau mengangkat jadi Pj, yah harus siap, karena itu instruksi lansung dari kepala daerah," ujarnya. (B)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga