Awas, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Usus

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Awas, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Usus
Usus menjadi organ vital dalam tubuh. Makanya wajib untuk dijaga kesehatannya. Foto: Repro klikdokter.com

" Salah satu organ tubuh yang vital adalah usus. Kesehatan usus wajib dijaga dari berbagai hal, termasuk memperhatikan apa saja yang dikonsumsi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu organ tubuh yang vital adalah usus. Kesehatan usus wajib dijaga dari berbagai hal, termasuk memperhatikan apa saja yang dikonsumsi.

Dikutip dari docdoc.com, usus merupakan bagian besar pada saluran pencernaan bawah, yang memiliki peranan penting dalam pencernaan dan menyerap nutrisi.

Bentuknya panjang seperti tabung, namun usus memiliki dua bagian, usus kecil dan besar.

Karena peran usus ini sangat penting, maka menjaga kesehatan usus harus dijaga sebaik mungkin, salah satunya dengan menghindari hal-hal yang bisa merusak usus termasuk makanan.

Baca Juga: 7 Minuman Ini Bisa Bantu Mencegah Penuaan Dini

Melansir idntimes dari MedicineNet, berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar kesehatan usus tidak terganggu:

1. Aneka jenis gorengan

Hampir semua orang menggemari gorengan. Rasanya yang gurih dan renyah membikin makanan ini menjadi salah satu primadona. Eits, tetapi ternyata makanan ini gak sehat buat kesehatan ususmu, lho.

Lemak yang terkandung pada gorengan membuat ususmu bekerja lebih ekstra. Akibatnya, tak jarang akan muncul rasa tidak nyaman pada perut. Makanan seperti kentang goreng, bakwan, keripik dan sebagainya perlu dihindari, ya!

2. Makanan berjenis karbohidrat olahan

Serat adalah kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan yang baik membutuhkan serat. Oleh sebab itu, kamu perlu mengurangi konsumsi roti, pasta maupun olahan mie. Semua makanan ini merupakan jenis karbohidrat olahan.

Dalam karbohidrat olahan terkandung sedikit sekali serat. Kamu bisa menggantinya dengan karbohidrat yang bukan olahan. Makanan seperti nasi merah bisa kamu gunakan sebagai asupan karbohidratmu.

3. Buah-buahan dengan kadar fruktosa yang tinggi

Buah dengan kandungan fruktosa yang tinggi akan memengaruhi sistem pencernaan. Apalagi, buat sebagian orang dengan sistem pencernaan yang sensitif. Oleh sebab itu, konsumsi buah-buahan kaya fruktosa ini perlu kita hindari atau kurangi.

Apa saja contoh buah-buahan tersebut? Pear, apel dan mangga adalah buah-buahan dengan kandungan fruktosa yang tinggi. Kesegaran dan kenikmatan buah-buahan tersebut memang tidak terelakkan, tetapi kamu perlu berpikir lagi untuk mengonsumsinya.

4. Makanan pedas

Sebagian orang bisa terdampak oleh makanan pedas, sebagian lagi tidak. Hal ini bergantung dari sensitivitas sistem pencernaan masing-masing orang. Jika kamu sering merasa tidak nyaman di area perut, cobalah untuk menghindari makan makanan pedas.

Jika sesaat setelah mengonsumsi makanan pedas kamu mengalami diare maupun heartburn, jangan-jangan sistem pencernaanmu memang sensitif. Oleh sebab itu, kamu bisa menghindari makanan yang mengandung cabai. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

5. Daging olahan

Penyumbatan arteri terjadi karena kontraksi usus besar ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Sungguh mengerikan, bukan? Oleh sebab itu, kurangilah konsumsi produk daging olahan, seperti sosis, bacon dan ham.

Untuk menjaga kesehatan usus, sebaiknya konsumsi protein rendah lemak. Kamu bisa mengonsumsi ikan atau ayam. Kandungan proteinnya yang rendah bisa membantu menjaga sistem pencernaan di tubuhmu. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang perlu dikurangi untuk dikonsumsi sebab tidak baik bagi kesehatan usus. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga