Awas, 5 Penyebab Ini Kamu Bisa Diare Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
Awas, 5 Penyebab Ini Kamu Bisa Diare Saat Puasa
Diare tidak terjadi begitu saja, tapi beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Foto: shutterstock

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa ramadan adalah diare. Banyak faktor yang menjadi penyebab diare ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa ramadan adalah diare. Banyak faktor yang menjadi penyebab diare ini.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, diare merupakan sebuah kondisi ketika pengidapnya buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya.

Seseorang bisa dikatakan mengalami diare bila ia BAB sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu hari. Selain itu, feses yang dikeluarkan juga lebih encer. 

Seringkali diseret ini dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa di bulan ramadan. Namun ingat, diare tidak terjadi begitu saja, tapi beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga: 6 Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa yang Harus Diwaspadai

Melansir yoursay.id dari Sehatq.com, berikut beberapa penyebab diare saat puasa yang dapat mengganggu aktivitas:

1. Minum minuman berkafein berlebihan

Kafein juga bisa menyebabkan diare saat puasa, apalagi bila kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, atau minuman bersoda sebaiknya hindari mengonsumsi secara berlebihan selama bulan puasa.

Jika kamu terlalu banyak minum minuman berkafein saat sahur dan berbuka puasa, akan meningkatkan resiko mengalami diare saat berpuasa.

2. Mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak

Mengonsumsi makanan tinggi lemak saat sahur dan berbuka puasa membuat perut menjadi sulit dicerna oleh lambung.

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti gorengan sebaiknya juga dihindari. Dua makanan ini dapat memicu gangguan pencernaan seperti diare, tidak jarang kamu mengalami mual, muntah, dan sakit perut.

3. Mengidap intoleransi laktosa

Jika kamu diare setelah minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, bisa jadi kamu mengidap intoleransi laktosa. Kondisi ini dapat meningkat seiring bertambahnya usia karena menurunnya kadar enzim yang berfungsi mencerna laktosa.

Kalau kamu mengidap kondisi ini, sebaiknya hindari mengonsumsi produk olahan susu saat sahur maupun berbuka. 

4. Sering  mengonsumsi makanan pedas saat sahur dan berbuka puasa

Mengonsumsi makanan pedas memang nikmat dan meningkatkan nafsu makan. Tapi, salah satu penyebab diare saat puasa adalah sering makan pedas saat sahur dan berbuka puasa.

Terlalu banyak makan pedas, bisa berisiko memicu beberapa gangguan pencernaan. Zat capcaisin pada cabai yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu kambuhnya sakit maag dan pada sebagian orang dapat memicu diare saat puasa.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bantu Cegah Sembelit Saat Puasa Ramadan

5. Mengonsumsi makanan yang berbumbu tajam

Bumbu tajam ini bisa berasal dari rempah yang dimasukkan saat memasak. Makanan yang mengandung banyak rempah dan santan berpotensi menyebabkan diare saat puasa.

Sebaiknya hindari makanan berbumbu tajam, seperti rendang, opor, dan gulai, baik saat sahur maupun berbuka puasa agar terhindar dari masalah diare. Terlebih untuk kamu yang memiliki riwayat gangguan pencernaan. 

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang terserang diare saat menjalani ibadah puasa di bulan ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga