Awas, Ini 3 Dampak Buruk Jika Kamu Kebanyakan Tidur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 19 Desember 2022
0 dilihat
Awas, Ini 3 Dampak Buruk Jika Kamu Kebanyakan Tidur
Kondisi tidur berlebihan menunjukan bahwa ada sesuatu yang salah, baik secara mental maupun fisik. Foto: Repro cerdika.com

" Tidur menjadi kebutuhan hidup manusia yang harus dipenuhi. Namun akan berdampak buruk jika juga berlebihan tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur menjadi kebutuhan hidup manusia yang harus dipenuhi. Namun akan berdampak buruk jika juga berlebihan tidur.

Dikutip dari fimela.com, fenomena tidur berlebihan disebut juga dengan istilah hipersomnia dan kondisi ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah, baik secara mental maupun fisik.

Hal ini terutama benar jika seseorang tidur sepanjang waktu ini dan masih belum merasa benar-benar istirahat atau sehat.

Tahukah kamu kalau akibat dari kebanyakan tidur ini sangat berbahaya?

Baca Juga: Daftar Menu MPASI 6 Bulan Pertama Bergizi, Bunda Wajib Tahu

Melansir yoursay.id dari sleepfoundation.org, berikut beberapa dampak buruk jika tidur berlebihan:

1. Obesitas

Ketika seseorang tidur lebih lama, biasanya mereka akan memiliki motivasi yang lebih rendah untuk menjadi produktif.

Mereka yang tidur selama 9-10 jam setiap harinya dinilai lebih berpotensi menjadi gemuk. Hal ini karena biasanya orang yang tidak memiliki semangat untuk jadi produktif akan cenderung bermalas-malasan dan jarang menggerakan tubuh mereka.

2. Sering Alami Gangguan Mental

Banyak yang mengatakan kalau tidur berlebihan adalah salah satu pertanda kalau seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Padahal nyatanya, tidur berlebihan bisa jadi salah satu penyebab terjadinya gangguan mental pada seseorang.

Penderita depresi sering tidur berlebihan, karena hal itu, depresi yang dideritanya akan berlangsung semakin parah. Orang dengan gangguan mental apapun perlu tidur dengan waktu yang cukup dan normal untuk bisa pulih.

Baca Juga: 4 Buah Punya Manfaat Tambah Darah untuk Cegah Anemia

3. Menurunkan Fungsi Imunitas Tubuh

Sistem imun dalam tubuh kita akan selalu berfungsi dengan baik kalau kita menjaganya dengan baik juga. Cara menjaga sistem imun itu sendiri adalah dengan menjaga gaya hidup, pola makan, dan jadwal tidur kita agar tetap sehat dan sesuai dengan porsinya.

Seperti yang umum diketahui, waktu tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah selama 5-8 jam setiap hari. Kalau kita tidur lebih lama dari waktu tersebut, imunitas tubuh tentu tidak akan berfungsi dengan baik dan kita akan lebih mudah terserang penyakit.

Nah, itulah beberapa dampak buruk jika kamu sering tidur berlebihan. Maka segera perbaiki gaya hidup sekarang juga, salah satunya mengatur jam tidur secara baik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga