Ayam Gholo dan Tenun Masalili Muna Masuk Nominasi API

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Ayam Gholo dan Tenun Masalili Muna Masuk Nominasi API
Makanan tradisional ayam gholo dan tenun Masalili Kabupaten Muna masuk nominasi 10 besar API 2023. Foto: Ist.

" Makanan tradisional, ayam gholo dan cendramata tenun Masalili, Kabupaten Muna masuk dalam nominasi terbaik 10 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2023 "

MUNA, TELISIK.ID - Makanan tradisional, ayam gholo dan cendramata tenun Masalili, Kabupaten Muna masuk dalam nominasi terbaik 10 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2023.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata Muna, Wa Ode Yusliana Lindra mengatakan, setiap tahun Muna mengikuti API. Tahun ini, pihaknya mengusulkan makanan tradisional ayam gholo dan cendramata tenun Masalili.

"Alhamdulillah masuk nominasi 10 besar, tinggal menunggu penilaian selanjutnya," kata Lindra, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Tim Labfor Makassar Amankan Abu dan Arang untuk Analisis Penyebab Kebakaran Dinas PUPR Muna Barat

Makanan trandisional ayam gholo sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Muna. Bahan dan bumbunya tidak susah. Cukup sediakan, ayam kampung di potong sesuai selera, gholo (daun kedondong), bawang merah, bawang putih, merica dan serai.

Cara masaknya, rebus ayam dengan diberi serai dan garam. Lalu, haluskan bumbu kemudian tumis hingga harum. Masukkan bumbu ke dalam rebusan ayam. Rebus ayam hingga lunak. Nah, daun kedondong (gholo) diiris-iris lalu dimasukkan ke dalam rebusan di menit-menit terakhir.

Sedangkan, cenderamata tenun Masalili, sudah cukup terkenal hingga ke mancanegara. Tenun yang diolah secara tradisional itu, sangat diminati sejumlah kalangan. Bahkan, Presiden Joko Widodo, saat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 lalu, mengenakan kain tenun Masalili.

Baca Juga: Pembangunan Stadion Muna Gunakan PEN Rp 16,8 Miliar, Dilanjutkan APBD Rp 19 Miliar

Sementara itu, Kadis Pariwisata Muna, Syahrir menerangkan, penilaian API tahap selanjutnya akan dilakukan pada 1 Juni-30 September mendatang melalui pemungutan suara (voting).

"Kita harapkan masyarakat dapat mendukung dengan mengirimkan SMS ke nomor 99386 ketik API 1 A dan API 6 I," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga