Bakal jadi Tuan Rumah di 2024, Pemkot Kendari Bersih-Bersih Menuju 10 Tahun WWF

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Bakal jadi Tuan Rumah di 2024, Pemkot Kendari Bersih-Bersih Menuju 10 Tahun WWF
Aksi bersih-bersih pemkot yang dilakukan sebagai salah satu upaya sebut Indonesia sebagai tuan rumah WWF menuju 10 tahun. Foto: Ist.

" Menyambut Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF), Pemkot Kendari lakukan aksi bersih-bersih di sungai Lahundape Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyambut Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF), Pemkot Kendari lakukan aksi bersih-bersih di sungai Lahundape Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat.

Saat membuka sambutan, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, perkembangan sebuah kota atau kawasan adalah konsekuensi logis dari usaha pemerintah dan masyarakatnya dalam meningkatkan taraf hidup dan geliat ekonomi sebuah kota.

Perkembangan itu ditandai dengan bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya kegiatan perekonomian masyarakat, meluasnya kawasan pemukiman dan permukiman warga, bertambahnya fasilitas umum dan sosial serta meningkatnya indikator-indikator sosio-ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Agil Ismail, Mahasiswa Asal Kendari yang jadi Fasilitator Forum Anak Nasional

“Kota sebagai bagian terpadat dari suatu wilayah membutuhkan sarana prasarana infrastruktur yang memadai untuk mendukung aktivitas manusia yang tinggal di wilayah tersebut,” tuturnya, Kamis (27/7/2023).

Laju peningkatan penduduk saat ini hampir tidak dapat dibarengi oleh ketersediaan atau penambahan prasarana perkotaan yang memadai.

Untuk itu, Pemkot Kendari terus melakukan pembenahan dan penataan kota, serta membuat sebuah rencana kerangka (outline plan) untuk semua infrastruktur tersebut.

Sistem drainase ini merupakan sarana prasarana kota, Asmawa Tosepu menyebut, sistem drainase yang baik akan mencegah terjadinya banjir dan genangan, serta meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan sebuah kota.

Mengutip Maritim.co.id, WWF sendiri merupakan acara yang diselenggarakan setiap tiga tahun oleh World Water Council, Global Water Partnership, dan negara tuan rumah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan selaku Ketua Panitia Nasional, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah WWF ke-10 berkat perolehan voting 30 negara dari 36 negara yang masuk dalam Board of Governors World Water Council.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah PRB Oktober Mendatang, BPBD Sulawesi Tenggara Siapkan Hal Ini

WWF ke-10 menyediakan wadah penting bagi semua pemangku kepentingan di sektor air dalam skala global, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

“Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah bukanlah proses yang mudah dan sekarang kita sudah mendapatkan kesempatan ini. Mari kita koordinasikan semua dengan sebaik-baiknya,” tutup Menko Luhut.

Hal ini merupakan tonggak besar kontribusi Indonesia terhadap upaya masyarakat global dalam mengelola sumber daya air secara berkelanjutan. Diketahui, WWF ke-10 akan diselenggarakan 18-24 Mei 2024 mendatang memiliki tema Water for Shared Prosperity. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga