Balita di Bombana Lahir Tanpa Anus dan Alat Kelamin Butuh Uluran Tangan

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
Balita di Bombana Lahir Tanpa Anus dan Alat Kelamin Butuh Uluran Tangan
Najwa, balita asal Kabupaten Bombana yang terlahir tanpa anus dan kelamin kini membutuhkan uluran tangan. Foto: Ist.

" Najwa, balita yang berusia belum genap 2 tahun tampak mungil dan imut ternyata menderita kekurangan fisik sejak lahir. Sejak lahir, Najwa telah mengalami kondisi yang tak miliki anus dan alat kelamin "

BOMBANA, TELISIK.ID - Najwa, balita yang berusia belum genap 2 tahun tampak mungil dan imut ternyata menderita kekurangan fisik sejak lahir. Sejak lahir, Najwa telah mengalami kondisi yang tak miliki anus dan alat kelamin.

Ibu kandung Najwa, Nining yang beralamat di Kelurahan Aneka Marga Kecamatan Rarowatu Utara itu, menceritakan kondisi Najwa yang lahir pada 11 Juni 2021 lalu di di RSUD Poea Bombana.

"Dia (Najwa) mendapatkan penanganan khusus oleh tim medis, kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Bahtramas Kendari," ucap Nining, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Ini Daerah Calon Provinsi Baru di Sulawesi

Selama merawat dan pengobatan anaknya, Nining hanya mengandalkan kartu BPJS dari pemerintah daerah.

Najwa sendiri mengalami pertumbuhan tidak seperti anak lainnya, ia tumbuh dengan bantuan alat khusus yang dipasang  di badannya oleh dokter.

"Meski sempat dirujuk di RS Bahtramas Kendari, Najwa belum sempat ditangani dengan alasan keterbatas alat. dan direkomendasikan lagi untuk dirujuk ke Makassar," lanjutnya.

Dengan kondisi keluarga yang sangat terbatas (tidak mampu), selama dalam perawatan, Nining mendapat pendampingan dari Yayasan Amal, Yayasan Posko Berbagi Baubau.

Saat dikonfirmasi, Pengelola Yayasan Posko Berbagi Baubau, Melani mengatakan, ia mendampingi Nining dan anaknya Najwa sejak usianya masih 1 bulan.

"Kondisinya sangat membutuhkan uluran tangan. Karena anak ini berobat hanya mengandalkan BPJS," ucap Melani.

Baca Juga: Kepala Desa Terpilih di Konawe Pelatihan Peningkatan Kualitas

Untuk meringankan beban biaya pengobatan Najwa selama mendapatkan penanganan kesehatan, Yayasan Posko Berbagai Baubau membuka layanan donasi dan berharap ada relawan yang bantu meringankan beban keluarga Nining dalam merawat anaknya.

"Saat ini, Najwa sedang berada di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, telah berada di sini selama 3 hari, rencana juga bakal dioperasi," ucap Melani.

Bagi siapapun yang ingin meringankan beban keluarga Nining untuk pengobatan Najwa, dapat menghubungi Yayasan Posko Berbagi Baubau di nomor kontak 081355830400 atas Melani atau hubungi kantor Telisik.id melalui layanan Telisik Care. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga