Bantai Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 12 Juni 2024
0 dilihat
Bantai Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru
Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah baru di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah membantai Timnas Filipina. Foto: Repro Kompas.com

" Timnas Indonesia bantai Filipina 2-0 pada lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia kembali mencetak sejarah baru "

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia  bantai Filipina 2-0 pada lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia kembali mencetak sejarah baru.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Selasa (11/6/2024) malam.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia di pertandingan tersebut masing-masing dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho, seperti dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran ketiga dengan status runner-up Grup F dengan 10 poin dari enam pertandingan. Skuad Garuda akan menemani Irak yang sudah dipastikan keluar sebagai juara grup.

Sejak peluit kick-off dibunyikan Timnas Indonesia langsung mendominasi jalannya pertandingan. Anak asuh Shin Tae-yong banyak menciptakan peluang, namun penyelesaian akhir belum bisa mencetak gol.

Berbagai cara dilakukan Timnas Indonesia. untuk mengonversi peluang-peluang emas menjadi gol. Namun gol yang dinanti-nanti baru tercipta menit ke-33.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia Vs Filipina, Jordi Amat Out, Jay Idzes dan Calvin Verdonk In

Berawal dari tendangan keras yang dilepas Thom Haye tidak mampu dibendung kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. Penjaga gawang Persib Bandung itu gagal menghalau tendangan keras sang gelandang bertahan. Timnas Indonesia memimpin 1-0.

Di sisa waktu pertandingan babak pertama, Garuda muda terus menggempur gawang Filipina. Mendoza harus jatuh bangun untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Tidak ada lagi gol tercipta hingga turun minum. Timnas Indonesia untuk sementara unggul 1-0.

Dikutip dari Bola.com, memasuki babak kedua, Shin Tae-yong belum melakukan pergantian pemain. Pelatih asal Korea Selatan itu masih percaya taktik pada babak pertama bisa menghasilkan gol lagi.

Benar saja, lewat skema set piece, Rizky Ridho yang berdiri di tiang dekat berhasil mencetak gol lewat sundulannya memanfaatkan umpan Nathan Tjoe-A-On menit ke-56.

Kemudian, Nathan harus ditarik keluar tujuh menit berselang, digantikan oleh Ivar Jenner. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin Timnas Indonesia tetap menguasai lini tengah dengan menambah tebal aspek defensive seraya menarik keluar Rafael Struick.

Setelah memimpin 2-0, Shin Tae-yong memasukkan pemain yang cenderung tambal saja, seperti saat Pratama Arhan masuk menggantikan Calvin Verdonk.

Baca Juga: Dilibas Irak, Timnas Indonesia Masih Berpeluang di Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia tetap menguasai jalannya pertandingan, Garuda muda sesekali hampir menambah gol lagi kalau peluang-peluang yang tercipta berbuah gol.

Masuknya Arhan juga menambah variasi serangan, meski tak ada yang kembali menggetarkan gawang Mendoza.

Pertandingan sempat terhenti lama saat Adrian Ugelvik tergeletak tak berdaya karena salah jatuh. Mobil ambulans sampai harus memasuki lapangan untuk membawa sang bek.

Tambahan waktu 7 menit diberikan wasit, namun hingga peluit panjang, tidak ada lagi gol tercipta. Timnas Indonesia memimpin 2-0 atas Filipina. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga
s15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })();