Banyak Tiang Listrik Tumbang, Warga Diminta Lapor PLN Jika Masih Temukan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
Banyak Tiang Listrik Tumbang, Warga Diminta Lapor PLN Jika Masih Temukan
Pihak PLN bakal memperbaiki kerusakan yang terjadi pads beberapa tiang listrik, PLN sendiri sedang fokus pada percepatan perbaikan infrastruktur. Foto: Ist.

" Cuaca ekstrem yang melanda Kota Kendari dan sekitarnya pada Minggu, 5 Maret 2023 lalu berdampak pada pemadaman listrik dan rusaknya tiang listrik milik PLN "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuaca ekstrem yang melanda Kota Kendari dan sekitarnya pada Minggu, 5 Maret 2023 lalu berdampak pada pemadaman listrik dan rusaknya tiang listrik milik PLN.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala saat ditemui beberapa waktu lalu mengungkapkan, sejumlah warga ikut terdampak dari pemadaman listrik yang terjadi pada beberapa hari lalu.

Ia menyebut, sekitar 114.000 warga terdampak akibat pemadaman listrik karena beberapa tiang listrik milik PLN rusak akibat tertimpa pohon dan angin.

Baca Juga: Calon Anggota KPU Sulawesi Tenggara Masuk Tahap Tes Psikologi

Terpisah, Manajer PT PLN (Persero) UP3 Kendari, Eko Riduwan mengatakan, saat ini total kerusakan tiang listrik PLN berjumlah 18 tiang yang tersebar di sejumlah titik.

"Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu lalu banyak menyebabkan pohon tumbang, papan reklame roboh yang otomatis menyebabkan tiang listrik PLN ikut tumbang karena ketimpa," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/3/2023).

Hasil pendataan di lapangan, 18 tiang listrik tersebut ada yang roboh dan patah karena ikut diterjang angin kencang. Ia juga menuturkan perlu waktu untuk penormalan.

"Kendari yang bagian timur mulai dari PLN UP3 hingga Kemaraya sebagian besar terjadi pemadaman karena di area tersebut banyak terdampak pohon-pohon tumbang," bebernya.

Ia menjelaskan, selain tiang listrik banyak kerusakan beberapa material elektronik, seperti isolator, kabel putus dan beberapa bahan material lainnya.

Baca Juga: La ode Aris, Penulis Asal Buton Go Internasional

Namun, ia mengaku jika saat ini sedang fokus pada perbaikan tiang listrik. Saat ditanya mengenai total kerugian dari kerusakan tiang dan beberapa bahan material, ia menyebut belum bisa mengkalkulasikan total dari biaya kerusakan. Karena masih fokus pada percepatan perbaikan infrastruktur ketenagalistrikan.

Ia juga menghimbau pada masyarakat jika terdapat tiang listrik PLN yang belum diperbaiki untuk menghubungi pihak PLN melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di playstore pada handphone android, ketimbang menginformasikan lewat jalur WhatsApp atau telepon seluler.

"Kami menghimbau pada masyarakat setempat segera menghubungi pihak PLN jika terdapat tiang listrik yang tumbang dan belum diperbaiki," tutupnya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga