Bapak Ini Bangun Usaha Kuliner Terinspirasi dari Pelanggan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 26 Februari 2023
0 dilihat
Bapak Ini Bangun Usaha Kuliner Terinspirasi dari Pelanggan
Usaha warung sari laut milik Mujahidin yang berada di samping Apotek Larasati Farma Jalan Mayjen Katamso, Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga Kota Kendari ini menyajikan konsep yang berbeda dengan sejumlah warung sari laut pada umumnya. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Berbicara ide bisnis ataupun kuliner memang tak ada habisnya, seperti halnya usaha yang sedang dijalani oleh Mujahidin (55). Bagaimana tidak, usahanya ini terbilang cukup unik "

KENDARI, TELISIK.ID - Berbicara ide bisnis ataupun kuliner memang tak ada habisnya, seperti halnya usaha yang sedang dijalani oleh Mujahidin (55). Bagaimana tidak, usahanya ini terbilang cukup unik.

Idenya berawal dari hobi istrinya yang gemar masak. Berbekal modal sebesar Rp 800 ribu, Mujahidin mulai membuka usaha warung makan sari laut. Istrinya, Ery Pujiarti memiliki bakat memasak salah satunya masak daging kambing.

Pada 2020, Mujahidin membuka usaha sari laut, melihat usahanya semakin berkembang, ia lantas menambah wahana permainan di dekat warung sari laut miliknya. Ide itu bermula saat beberapa pengunjung yang makan di warungnya memiliki anak kecil yang rewel.

Baca Juga: Ini Alasan di Balik Nama Unik Kuliner Sunda

Ia pun berinisiatif untuk menambah wahana area di warung sari laut, ia bekerjasama dengan pihak wahana dengan sistem bagi hasil setiap bulannya.

Sejak memiliki wahana permainan yang ia sediakan seperti odong-odong dan trampolin, pendapatannya mengalami kenaikan. Selain memanjakan pengunjung dengan area bermain anak, ia juga menyediakan beberapa fasilitas lainnya seperti dua unit gazebo dan toilet.

Pengunjung bebas memilih makan di dalam area warung makan sari laut atau makan di gazebo yang telah disediakan. Untuk tarif makanan yang ia jual nasi telur seharga Rp 13 ribu per porsi hingga bebek goreng Rp 30 ribu per porsi.

Sedangkan harga minuman dibanderol Rp 5 ribu untuk es teh, kopi dan nutrisari hingga jus alpukat dan buah naga dengan masing-masing dibanderol Rp 15 ribu.

Selain menyediakan menu makanan sari laut, ia juga menyediakan paket ulang tahun, namun paket tersebut tergantung dari jumlah tamu undangan yang akan hadir.

Baca Juga: Pelaku UMKM Kuliner Ramai Berjualan di RTH Papalimba Puday

"Pernah ada yang sewa untuk ultah, mulai dari kisaran Rp 1 juta dan Rp 2 juta tergantung dengan jumlah undangan, juga kita hitung berapa porsi," ujarnya, Minggu (26/2/2023).

Ery Pujiarti mengaku, semua menu yang tersedia disesuaikan dengan harga ekonomis (masih bisa di jangkau oleh masyarakat). Usaha warung sari laut ini  bernama Sari Laut 153961 Bude Nisa Bebek Goreng yang terletak di samping Apotek Larasati Farma Jalan Mayjen Katamso, Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga Kota Kendari. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga