Bappeda Sulawesi Tenggara Beri Nilai 97 Dokumen SSK Kota Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Bappeda Sulawesi Tenggara Beri Nilai 97 Dokumen SSK Kota Kendari
Tim Pokja PKP Kota Kendari dan Bappeda Sulawesi Tenggara dalam rapat penyusunan Dokumen SSK. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Kota Kendari menjadi salah satu daerah yang didampingi oleh Bappeda Sulawesi Tenggara untuk penyusunan Dokumen SSK untuk 5 tahun ke depan "

KENDARI, TELISIK.ID – Dalam upaya memberikan kenyamanan fasilitas sanitasi dan persampahan Sulawesi Tenggara, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara mendampingi proses penyusunan Dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara.

Dalam proses tersebut, Kota Kendari menjadi salah satu daerah yang didampingi oleh Bappeda Sulawesi Tenggara untuk penyusunan Dokumen SSK untuk 5 tahun ke depan. SSK sendiri merupakan sebuah dokumen yang memberikan arah bagi pengembangan sanitasi di kabupaten/kota.

Pengembangan tersebut bukan hanya terfokus pada sanitasi saja, namun juga dalam hal air limbah, persampahan, drainase hingga perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.

Salah satu hal yang disoroti dalam penyusunan SSK Kota Kendari adalah pengelolaan air limbah yang telah diatur oleh Peraturan Wali Kota Kendari Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat yang disampaikan oleh Tim Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PKP) Kendari, Vivi Novitayani.

Dalam penuturannya, Vivi menjelaskan terkait program Kota Kendari yakni Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang perlu disosialisasikan ke masyarakat Kendari.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Dampingi Daerah Susun Dokumen SSK, Soroti Sistem Penaganan Sampah di Kota Kendari

“Harus ada sosialisasi agar potensi-potensi pencemaran lingkungan seperti jamban yang tidak layak ataupun pembuangan air buangan (comberan) ke badan tanah atau air bisa diminimalisir,” paparnya pada rapat tersebut.

Suasana rapat pendampingan penyusunan dokumen SSK. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

 

Selain pengelolaan air limbah, tim Pokja PKP Bappeda Sulawesi Tenggara juga menyoroti pengelolaan sampah di Kota Kendari. Salah satunya ialah proses daur ulang sampah yang ditanyakan oleh Ibrahim, salah satu tim Pokja PKP Bappeda Sulawesi Tenggara.

“Kenapa harus ibu rumah tangga yang perlu dimaksimalkan perannya dalam pengelolaan sampah,” tanyanya.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Akui Perlu Komitmen Pemimpin Daerah Turunkan Angka Stunting

Menanggapi hal tersebut, tim dari Kendari mengaku bahwa sampah rumah tangga merupakan salah satu sampah terbesar yang dihasilkan oleh masyarakat untuk itu peran ibu rumah tangga perlu dimaksimalkan agar sampah yang tersisa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sisa residu.

Meski dicecar berbagai pertanyaan, Dokumen SSK Kota Kendari tetap meraih skor tinggi yakni 97 dari 100, seperti yang disampaikan oleh Susilawaty selaku pimpinan pada rapat tersebut.

“Kota Kendari mendapatkan skor 97 dari 100, masih ada yang perlu diperbaiki, silahkan dilihat catatan-catatannya,” tuturnya sembari menutup rapat dan melanjutkan ke rapat berikutnya dengan kabupaten/kota lainnya. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga