Baubau Antisipasi Konflik Pemilu 2024 Melalui Simulasi Sispamkota

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Baubau Antisipasi Konflik Pemilu 2024 Melalui Simulasi Sispamkota
300 personel Polres Baubau melakukan simulasi sispamkota. Foto: Elfinasari/Telisik

" Menyambut Pemilu 2024, dilaksanakan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di pantai Kamali Kota Baubau untuk memastikan kesiapan menghadapi potensi gangguan selama pemilihan "

BAUBAU, TELISIK.ID - Menyambut Pemilu 2024, dilaksanakan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di pantai Kamali Kota Baubau untuk memastikan kesiapan menghadapi potensi gangguan selama pemilihan.

Polres Baubau dalam melakukan simulasi Sispamkota Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024, mendemonstrasikan lima teknik pengamanan esensial guna mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi selama pemilihan. Dimulai dengan demonstrasi bongkar pasang senjata api oleh beberapa anggota Polwan dengan mata tertutup.

Beberapa adegan yang dipraktikkan antara lain adalah penanganan pelaku kerusuhan saat kampanye legislatif, strategi pengamanan selama pemungutan suara di TPS, taktik menangani potensi penculikan calon legislatif, strategi untuk menghadapi massa di KPU Baubau, serta pendekatan untuk menangani massa dari luar Baubau yang datang melalui jalur laut.

Baca Juga: Kota Baubau Komit Wujudkan Pemilu Damai di 2024

Simulasi ini melibatkan 300 personel, bertujuan untuk memastikan seluruh anggota kepolisian dan instansi terkait lainnya siap menghadapi segala potensi gangguan selama proses pemilihan berlangsung.

Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi, menyatakan dukungannya atas inisiatif Polres Baubau dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi saat pemilu nanti.

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk, menekankan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kesiapan dan kemampuan aparat dalam menjaga kondusifitas wilayah.

"Pemilu sebagai pesta demokrasi harus dihadapi dengan kesiapan penuh, kami ingin memastikan seluruh aparat keamanan terlatih dan mampu menangani berbagai situasi yang mungkin muncul," ujarnya, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga: Kini Berobat di Baubau Cukup Tunjukkan KTP

Ia menambahkan, pertama kali akan dilaksanakan pemilu serentak dan pilkada serentak tahun 2024. Tentu dalam penyelenggaraan pemilu ini di mana tidak hanya menguras tenaga tetapi juga dibutuhkan jaminan keamanan agar terselenggara pemilu damai sesuai dengan azas-azas pemilu.

Dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai dan kondusif ini tidak hanya dibutuhkan pihak kepolisian tetapi dibutuhkan kolaborasi oleh kita semua, sinergitas kita semua dengan aktualisasi nyata, implementasi nyata dalam pelaksanaanya.

Kasatpol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir menuturkan, dengan melihat simulasi pelatihan pengamanan tadi, menandakan Polres Baubau telah siap dalam penanganan, dan pengamanan pelaksanaan pemilu, apa bila terdapat hal hal yang menganggu proses pelaksanaan pemilu tersebut. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga