Beasiswa 2023 S1 hingga S3 Biaya Kuliah Gratis Termasuk Uang Saku

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 05 Desember 2022
0 dilihat
Beasiswa 2023 S1 hingga S3 Biaya Kuliah Gratis Termasuk Uang Saku
Mendapatkan beasiswa adalah impian para calon mahasiswa demi meraih pendidikan yang lebih tinggi. Foto: Repro Belajarkreatif.org

" Di akhir 2022 tak sedikit perguruan tinggi yang menawarkan program beasiswa baik S1 bahkan hingga S3 "

KENDARI, TELISIK.ID - Di akhir 2022 tak sedikit perguruan tinggi swasta maupun negeri yang menawarkan program beasiswa baik S1 bahkan hingga S3, dengan beragam persyaratan yang harus diikuti. Tak sedikit beasiswa yang menawarkan full funded atau dibiayai penuh.

Dengan adanya biaya penuh, maka mahasiswa tidak akan pusing dengan biaya pendidikan dan biaya hidup selama menjadi mahasiswa. Cukup belajar dengan sungguh-sungguh untuk bisa kuliah tepat waktu.

Berikut ini deretan beasiswa S1 hingga S3 yang menawarkan kuliah gratis hingga uang saku seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Stipendium Hungaricum Scholarship

Mengutip Kompas.com, beasiswa ini untuk program S1-S3 dan non-degree. Pendaftaran dibuka bulan November hingga Januari. Beasiswa ini memiliki 600 program dalam Bahasa Inggris yang dapat dipilih di 28 instansi Hungaria.

Beberapa jurusan populer yang bisa dipilih di beasiswa ini adalah Ilmu Komputer dan Teknologi, Ilmu Ekonomi, Teknik Kedokteran dan Kesehatan hingga Ilmu Alam.

Fasilitas beasiswa ini terdiri dari:

- S1, S2 dan non-degree

- Biaya kuliah penuh

- Tunjangan hidup HUF 43.700 per bulan atau sekitar Rp 1,6 juta.

- Asrama/tunjangan akomodasi HUF 40.000 per bulan atau sekitar Rp 1,5 juta.

- Asuransi kesehatan

2. The Wesleyan Freeman Asia Scholarship

Dilansir dari Sindonews.com, beasiswa jenjang S1 ini menjadi salah satu beasiswa luar negeri yang paling kompetitif sebab beasiswa dari Wesleyan University, Amerika Serikat ini ditujukan untuk 11 mahasiswa asing asal negara Asia, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Astronom Temukan Pemicu Mega-tsunami di Mars 3,4 Miliar Tahun Lalu

The Wesleyan Freeman Asia Scholarship memberikan tunjangan pembiayaan lengkap, mulai dari biaya kuliah, akomodasi, transportasi, tunjangan hidup, dan kebutuhan lainnya yang jika ditotal akan mencapai USD 80.000 per orang atau kurang lebih Rp1,2 miliar. Pendaftarannya dibuka sekitar Desember hingga 1 Januari.

3. Fullbright Scholarship

Beasiswa ini hanya untuk program S2 dan S3 saja. Pendaftaran biasanya dibuka sekitar Januari hingga Februari. Beasiswa ini punya pilihan jurusan yang luas, kecuali untuk bidang kedokteran yang memiliki kontak klinis dan perawatan pasien. Selain itu, pelamar harus menunjukkan komitmen kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa.

Fasilitas beasiswa ini meliputi:

- Visa J-1

- Tiket PP

- Tunjangan biaya kuliah, biaya hidup dan pengeluaran relevan lainnya

- Asuransi kesehatan dan kecelakaan.

4. King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) Fellowship

KAUST terletak di Thuwal, Arab Saudi, adalah salah satu kampus terbaik di bidang teknik perminyakan, kimia, dan material. Jarak kampus ini dengan Laut Merah hanya berkisar satu jam. Beasiswa KAUST memberikan fasilitas tunjangan biaya kuliah, asrama, tunjangan kesehatan dan gigi, tunjangan relokasi, dan tunjangan hidup USD20.000-30.000 per tahun atau sekitar Rp 307-460 juta.

Bagi Telisikers yang tertarik dengan beasiswa yang dibuka untuk jenjang S2 dan S3 pada September 2022 hingga 7 Januari 2023 ini, dapat menyiapkan dokumen pendaftaran yaitu:

- Form aplikasi

- Ijazah dan transkrip nilai

- Sertifikat bahasa Inggris (IELTS/TOEFL iBT)

- Sertifikat GRE (opsional)

- Surat rekomendasi

- CV

- Esai

5. Global Korea Scholarship

Beasiswa ini untuk program S2 dan S3. Pendaftaran dibuka sekitar Februari hingga Maret. Beasiswa favorit untuk kuliah di Korea Selatan ini memiliki 2 jalur yaitu jalur kedutaan dan jalur kampus. Ada kuota penerima 27 orang untuk jalur kedutaan dan 27 orang untuk jalur kampus (general) khusus warga Indonesia.

Baca Juga: Ahli Temukan Virus Mirip COVID-19 di China

Fasilitas beasiswa ini meliputi:

- Biaya kuliah

- Tiket PP

- Tunjangan kedatangan 200.000 KRW atau sekitar Rp 2,2 juta.

- Asuransi

- Tunjangan riset

- Tunjangan print tesis

- Hadiah kecakapan bahasa Korea 100.000 KRW atau sekitar Rp 1,1 juta

- Tunjangan hidup per bulan untuk program S2 dan S3 sebesar 1.000.000 KWR atau sekitar Rp 11 juta.

- Tunjangan riset sebesar 1.500.000 KRW atau sekitar Rp 16,6 juta.

Demikian beasiswa penuh S1, S2, S3 dan non-degree yang pendaftarannya segera buka. Telisikers bisa memanfaatkan kesempatan beasiswa ini untuk mendapatkan pengalaman merasakan kuliah di luar negeri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga