Beberapa Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Ramadhan di Kota Baubau

Waode Israwati, telisik indonesia
Jumat, 04 Maret 2022
0 dilihat
Beberapa Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Ramadhan di Kota Baubau
Salah satu pasar di Kota Baubau. Foto: Waode Israwati/Telisik

" Ada beberapa komoditas bahan pokok yang mulai merangkak naik. Di antara yang dari awal sudah mengalami lonjakan harga yaitu minyak goreng, kemudian disusul kedelai "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang bulan Ramadhan harga bahan pokok akan mengalami kenaikan. Kondisi ini pun sudah mulai terasa di beberapa pasar di Kota Baubau.

Ada beberapa komoditas bahan pokok yang mulai merangkak naik. Di antara yang dari awal sudah mengalami lonjakan harga yaitu minyak goreng, kemudian disusul kedelai.

Dari hasil pantauan Telisik.id di beberapa pasar Kota Baubau, harga cabai, sayuran dan telur masih stabil dan belum mengalami kenaikan.

Namun untuk harga bawang merah dan bawah puting serta beras sudah mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi.

Salah seorang pedagang di Pasar Wameo, Isnayanti mengatakan, harga cabai masih normal di kisaran Rp 50.000 per kilo, harga telur Rp 38.000 sampai Rp 48.000 dan harga ini masih sama dengan harga kenaikan menjelang lebaran tahun lalu dan belum ada penurunan sama sekali.

"Belum ada kenaikan harga untuk cabai rawit  dan cabai keriting serta telur masih di harga normal," katanya, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Ratusan Honorer Dilantik Jadi P3K Guru, Tafdil Ingatkan Jangan Aneh-Aneh

Dia juga menambahkan, untuk harga bawang putih, bawang merah serta beras sekarang sudah mengalami kenaikan harga.

"Untuk bawang putih dan merah harganya sudah naik karena dari pemasok juga harganya lebih tinggi. Harga awalnya Rp 20.000 per liter sekarang sudah Rp 35.000 per liter, sedangkan beras dari harga Rp 280.000 sekarang sudah Rp 290.000 untuk ukurang 25 kg," tambahnya.

Harga bawang putih dan bawang merah yang sama juga berlaku di pedagang Pasar Nugraha.

Baca Juga: Sejumlah Perwira di Polres Baubau Berganti, Kapolres: Jaga Kekompakan Jangan Saling Menjatuhkan

"Harga bawang merah maupun putih sudah naik dari beberapa hari lalu, sekarang per liter sudah Rp 35.000," tutur Wa Sina, salah satu pedagang di Pasar Nugraha.

Pedagang lainnya Sukma juga menambahkan, untuk harga tomat dan sayuran saat ini belum mengalami kenaikan karena ada tambahan pemasok dari Makassar.

"Harganya masih normal, mungkin karena ada tambahan kiriman tomat dari Makassar, namun semoga saja dari pemasok tidak akan ada kenaikan harga," ungkapnya. (A)

Reporter: Waode Israwati

Editor: Kardin

Baca Juga