Beda Takbir Mursal dan Muqayyad di Hari Raya Idul Adha

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Beda Takbir Mursal dan Muqayyad di Hari Raya Idul Adha
Takbiran adalah salah satu momen yang memeriahkan perayaan Idul Adha dengan mengagungkan Allah SWT. Foto: Repro Jabar.nu.go.id

" Takbir di hari raya ada dua macam, yakni takbir mursal dan takbir muqayyad. Keduanya ada perbedaan pengertian dan waktu pelaksanaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Adha akan datang sebentar lagi. Salah satu momen yang paling menghidupkan suasana Lebaran Kurban adalah takbiran dan sahutan-sahutan takbir sejak malam sebelum hari raya.

Dilansir dari Liputan6.com, menurut penjelasan dari Syekh Abu Abdillah Muhammad ibn Qasim as-Syafi’i di dalam kitabnya berjudul Fathul Qarib al-Mujib, bahwa takbir di hari raya id itu ada dua macam, yakni takbir mursal dan takbir muqayyad.

Keduanya ada perbedaan pengertian dan waktu pelaksanaan. Takbir mursal adalah takbir yang waktunya tidak mengacu pada waktu salat atau tidak harus dibaca oleh seseorang setiap usai menjalankan ibadah salat, baik fardu maupun sunnah.

Takbir mursal ini sunah dilakukan setiap waktu, dimana pun dan dalam keadaan apa pun. Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama dianjurkan melantunkan takbir, baik saat di rumah, bepergian, di jalan, masjid, pasar, dan seterusnya.

Baca Juga: Niat dan Bacaan Salat Idul Adha Lengkap

Baca Juga: Hukum dan Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha

Waktu melakukan takbir mursal dimulai dari terbenamnya matahari malam id hingga imam melakukan takbiratul ihram salat id, meliputi Idul Fitri maupun Idul Adha.

Selanjutnya adalah takbir muqayyad. Dikutip dari Jabar.nu.go.id, takbir muqayyad merupakan takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus, yaitu mengiringi salat, dibaca setelah melaksanakan salat, baik fardhu maupun sunah.

Takbir muqayyad dikumandangkan setiap ba’da salat di bulan Zulhijjah pada tanggal 9-13. Tanggal 9-10 disebut hari Arafah dan hari raya Idul Adha, 11-13 disebut dengan hari tasyrik. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga