Begini Strategi Penataan Kota Kendari Sebagai Mitigasi Bencana Banjir

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 30 Juni 2024
0 dilihat
Begini Strategi Penataan Kota Kendari Sebagai Mitigasi Bencana Banjir
Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Asisten 2 Sekretariat Daerah Kota Kendari dan dihadiri oleh sejumlah OPD terkait. Foto: Ist.

" Penjabat Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera bertindak dalam upaya meminimalisir dampak banjir yang melanda Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera bertindak dalam upaya meminimalisir dampak banjir yang melanda Kota Kendari.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, perintah ini dikeluarkan setelah curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan banjir di beberapa wilayah Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera bertindak dalam upaya meminimalisir dampak banjir. Foto: Ist.

 

Langkah cepat ini diambil setelah rapat koordinasi yang dipimpin oleh Asisten 2 Sekretariat Daerah Kota Kendari dan dihadiri oleh sejumlah OPD terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perumahan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Banjir yang melanda Kota Kendari, menjadi momok tersendiri bagi warga. Foto: Sigit Purnomo/Telisk

 

Dinas PUPR bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap infrastruktur saluran air yang rusak atau tersumbat. Kepala Dinas PUPR, Erlis Sadya Kencana, menyatakan bahwa timnya sudah dikerahkan ke lapangan untuk mengecek sejumlah saluran air dan memastikan tidak ada hambatan yang dapat memperparah banjir.

Baca Juga: Pemkot Kendari Terima Masukan Komisi II DPRD Soal Penataan Fasilitas Umum dan Pasar Bersih

Baca Juga: Pemkot Kendari Gencar Tata Fasilitas dan Infrastruktur agar Pasar Kembali Ramai Pembeli

Dinas PUPR juga telah menyiapkan alat berat untuk membantu dalam proses pembersihan jika dibutuhkan. Selain itu, Dinas Perumahan dan Kominfo juga terlibat aktif dalam upaya mitigasi ini. Dinas Perumahan berfokus pada pemantauan kondisi perumahan warga yang terdampak banjir.

Pemkot membahas angkah-langkah penanganan banjir. Foto: Ist.

 

Dinas Kominfo bertugas menyebarluaskan informasi terkait langkah-langkah penanganan banjir dan imbauan penting kepada masyarakat. Dengan langkah-langkah cepat dan terkoordinasi ini, Pemerintah Kota Kendari berharap dapat mengurangi dampak banjir dan mencegah kerugian yang lebih besar.

Kesigapan dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi tantangan banjir yang datang akibat cuaca ekstrem. Pemerintah Kota Kendari berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya mitigasi bencana dan memastikan keselamatan warganya. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga