Belasan Orang Hangus Terbakar saat Tungku Smelter PT ITSS Morowali Meledak

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 24 Desember 2023
0 dilihat
Belasan Orang Hangus Terbakar saat Tungku Smelter PT ITSS Morowali Meledak
Suasana saat terjadi ledakan pada PT ITSS Morowali, yang menewaskan belasan pekerja. Foto: Ist.

" Tungku smelter perusahaan tambang di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, meledak, Minggu (24/12/2023). Perusahaan tersebut berasal dari China, tragedi itu merenggut nyawa pekerja dalam pabrik "

MOROWALI, TELISIK.ID - Tungku smelter perusahaan tambang di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, meledak, Minggu (24/12/2023). Perusahaan tersebut berasal dari China, tragedi itu merenggut nyawa pekerja dalam pabrik.

Perusahaan asal negri China tersebut paling mendapatkan sorotan dari pengguna jagat maya. Karena peristiwa ini menewaskan belasan orang dan melukai puluhan pekerja di dalam pabrik smelter.

Melansir Suara.com jaringan Telsik.id, PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) adalah anak perusahaan China yang berada di Kawasan Industri Morowali bersama PT GCNS, PT IRNC, dan PT TSI. Pabrik smelter nikel dan stainless steel ini didirikan di Wenzhou pada 1980-an dan merupakan perusahaan besar yang fokus pada produksi dan peleburan baja tahan karat.

Baca Juga: Tungku Smelter di Morowali Meledak, Belasan Orang Meninggal Dunia

Saat ini, Dewan Direksi Industri Tsingshan berbasis di Shanghai dan Wenzhou, mengelola empat grup, termasuk Tsingshan Holding Group Co., Ltd., dengan lebih dari 100 anak perusahaan di Indonesia, Singapura, India, Amerika Serikat, dan negara-negara lainnya.

Berdasrakan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, Ledakan terjadi pada tungku milik PT ITSS. Pukul 5.30 Wita, karyawan Pero Silicone PT ITSS melakukan perbaikan pada tungku. Saat memasang plat pada bagian tungku, ledakan mengakibatkan meledaknya tabung oksigen di sekitar area tersebut.

Data korban masih dalam penanganan pihak klinik. Di dua klinik, terdapat 35 korban, 12 di antaranya meninggal. Beberapa korban mengalami kondisi kritis, luka berat, dan luka bakar serius, diperkirakan mencapai 70 persen luas tubuh.

Baca Juga: PT Gunbuster Nickel Industri di Morowali Utara Kembali Terbakar Kedua Kalinya

Dalam video berdurasi 46 detik, pekerja pabrik berusaha menyelamatkan diri, melompat dari ketinggian. "Cepat lompat, ko kasian," ucap seorang pria dalam video tersebut.

Video lain berdurasi 28 detik, menunjukkan evakuasi korban luka bakar menggunakan mobil pick up, dilakukan oleh puluhan karyawan pabrik.

Telisik.id berupaya mendapatkan informasi lebih lanjut dari pihak berwenang untuk mengetahui kronologi pasti dan kondisi terkini para korban. Lokasi kejadian belum dapat dipastikan secara jelas hingga berita ini diturunkan. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga