Belum Diangkat, Sisa Pohon Tumbang Masih Hiasi di Kota Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Belum Diangkat, Sisa Pohon Tumbang Masih Hiasi di Kota Kendari
Tampak sisa pohon tumbang masih berserakan di sejumlah jalan di Kota Kendari. Foto: Ahmad Jealani/Telisik

" Sisa pohon-pohon tumbang masih berserakan di sejumlah titik di Kota Kendari akibat cuaca ekstrem Minggu kemarin, sampai saat ini, Senin (6/3/2023) sore, pohon-pohon tersebut masih berserakan di Jalan H Silondae, Jalan Taman Suropati, Jalan Lawata, hingga depan pagar rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Sisa pohon-pohon tumbang masih berserakan di sejumlah titik di Kota Kendari akibat cuaca ekstrem Minggu kemarin, sampai saat ini, Senin (6/3/2023) sore, pohon-pohon tersebut masih berserakan di Jalan H Silondae, Jalan Taman Suropati, Jalan Lawata, hingga depan pagar rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Sejumlah pohon tak mampu menahan tekanan angin yang disertai hujan deras dan akhirnya tumbang menimpa jalan raya dan sejumlah fasilitas umum.

Meskipun tidak menimbulkan kemacetan di jalan, bekas tumpukan pohon yang masih menumpuk tersebut dianggap sebagai potensi bahaya bagi pengguna jalan. Sejumlah warga dan pengguna jalan mengaku khawatir akan keamanan mereka ketika melintasi area yang terdampak pohon tumbang.

Baca Juga: Tiang Listrik Ambruk Timpa Rumah Makan Bebek Sakti

"Saya sangat khawatir ketika melintasi jalan ini, terutama di malam hari ketika jalan belum terang benderang. Saya berharap pihak terkait segera mengangkat bekas pohon agar tidak menimbulkan ancaman bagi pengguna jalan," ucap seorang pengguna jalan, Ahmad Subki (35).

Sementara itu, warga juga merasa khawatir jika bekas pohon tumbang belum diangkat akan menimbulkan bahaya.

"Saya melihat pohon tumbang di Jalan Taman Suropati. Sempat membuat takut karena hampir menimpa mobil yang lewat," ujar Yanto (27), yang bertempat tinggal di Jalan Suropati.

Hal serupa juga dikatakan oleh Siti, warga yang bertemapat tinggal di jalan Lawata yang menaku kaget melihat pohon besar di depan rumahnya tumbang dan menutupi jalan.

Baca Juga: Tetap Waspada, 6 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Sulawesi Tenggara

"Untungnya tidak ada mobil yang lewat pada saat itu," ungkapnya.

Hingga saat ini, bekas-bekas pohon tumbang masih menghiasi beberapa jalan raya di Kendari masih menjadi tontonan warga sekitar. Tumbangnya pohon di Kota Kendari ini menjadi peringatan akan pentingnya menjaga lingkungan dan memperhatikan keadaan pohon di sekitar kita. Sebuah pohon yang kurang sehat atau sudah tua dapat menjadi ancaman bagi keselamatan jika tidak ditangani dengan baik. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga