Belum Keluar, DPA OPD di Muna Terkendala Penyesuaian Kegiatan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 05 Juli 2021
0 dilihat
Belum Keluar, DPA OPD di Muna Terkendala Penyesuaian Kegiatan
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama istri, Yanti Setiawati. Foto: Sunaryo/Telisik

" Belum keluarnya Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) membuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna kebingungan. Kegiatan-kegiatan yang sudah disetujui di APBD 2021 tidak diketahui apakah masih ada atau sudah terkena refocusing (pemusatan anggaran). "

MUNA, TELISIK.ID - Belum keluarnya Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) membuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna kebingungan. Kegiatan-kegiatan yang sudah disetujui di APBD 2021 tidak diketahui apakah masih ada atau sudah terkena refocusing (pemusatan anggaran).

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, keterlambatan keluarnya DPA hasil refocusing bukan karena unsur kesengajaan. Namun, ada regulasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang harus disesuaikan.

"Kita sesuaikan adalah kegiatan-kegiatan pembangunan yang prioritas, sehingga anggarannya tidak terpangkas," kata Rusman, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Beredar Video Pasien COVID-19 RSUD Ruteng NTT Minta Tolong ke Dinas Kesehatan, Ada Apa?

Baca juga: Jasa Dokter di RS Raha Bakal Dinaikkan

Ia mengaku, refocusing dalam tahap finalisasi. Ia berharap pekan ini bisa selesai, karena Kemenkeu terus memantau kondisi keuangan daerah menyangkut gaji ASN dan belanja modal.

"Insya Allah pekan ini DPA sudah bisa diserahkan ke OPD," ujarnya.

Kini, Pemkab tengah mengoptimalkan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK). Kegiatan-kegiatan pembangunan yang dibiayai DAK sudah mulai berjalan. Begitu juga dengan mengejar pendapatan asli daerah (PAD) yang dananya nanti bisa dimanfaatkan untuk pembangunan. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga