Belum Pasti ke Muna Barat, Pemda Tetap Persiapkan Rencana Kedatangan Presiden

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 23 Maret 2024
0 dilihat
Belum Pasti ke Muna Barat, Pemda Tetap Persiapkan Rencana Kedatangan Presiden
Rapat persiapan kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Saat ini Pemda Muna Barat menunggu jadwal pasti kunjungan presiden. Pasalnya jadwal yang ada, antara 26 Maret 2024 atau setelah Idul Fitri "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Terkait rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Muna Barat, pemda melakukan antisipasi pergerakan yang akan mengganggu ketertiban wilayah.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, untuk mendeteksi dini pergerakan-pergerakan yang mengakibatkan tidak kondusifnya wilayah saat kunjungan presiden RI di Muna Barat, ia mengarahkan seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi, termasuk anak sekolah ikut berpartisipasi di semua titik jalur tempat lewat presiden.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Muna Barat, LM Husein Tali mengatakan bahwa saat ini Pemda Muna Barat menunggu jadwal pasti kunjungan presiden ke Muna Barat. Pasalnya jadwal yang ada, antara 26 Maret 2024 atau setelah Idul Fitri.

"Tetapi Pemda Muna Barat stand by sambil menunggu informasi dari A1 dan mengantisipasi adanya pergeseran jadwal," ujarnya sesuasi rapat persiapan bersama OPD Muna Barat, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: Jika Jokowi Jadi ke Muna, Plt Bupati Muna Bakal Bisikan Usulan Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur

Baca Juga: Jadi Tidaknya Jokowi Berkunjung di Muna, Pemda Tetap Stand By

Ia mengatakan, kunjungan presiden di Muna Barat dalam rangka meninjau jalan Inpres dan pasar, dimana jalan Inpres ada di dua titik yaitu di Desa Tangkumaho, Desa Masara, dan Sidamangura, serta titik kedua berada di SP1 menuju Kabangka.

Ia menyebut, jalan Inpres adalah jalan kewenangan kabupaten atau provinsi, maka bupati atau gubernur meminta dibantu pemerintah pusat. Untuk jalan Inpres di Muna Barat yang diusulkan adalah kewenangan kabupaten yang telah dikerja pada tahun 2023 lalu.

Sehingga jalur yang akan dilewati Presiden RI saat berkunjung di Muna Barat yaitu dari Bandara ke Tangkumaho, kemudian ke Matakidi, serta simpangan SP4. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga