adplus-dvertising

Benarkah Air Hujan Bisa Bikin Sakit? Ini Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
413 dilihat
Benarkah Air Hujan Bisa Bikin Sakit? Ini Penjelasannya
Seseorang yang terkena hujan jika daya tahan tubuhnya sedang tidak stabil bisa mengakibatkan sakit. Foto: Repro google.com

" Seringkali seseorang jatuh sakit karena terkena air hujan. Sehingga banyak orang yang percaya bahwa air hujan dapat membuat sakit, mulai dari terkena flu, masuk angin, atau diare "

KENDARI, TELISIK.ID - Seringkali seseorang jatuh sakit karena terkena air hujan. Sehingga banyak orang yang percaya bahwa air hujan dapat membuat sakit, mulai dari terkena flu, masuk angin, atau diare.

Dikutip dari tempo.co, air hujan memiliki perbedaan dengan jenis air lainnya. Secara fisik mungkin akan menganggap air hujan sama saja dengan air yang lainnya. Tapi jika diteliti lebih lanjut mengenai kandungannya, air hujan mempunyai beberapa perbedaan.

Perbedaan itu terdapat pada kandungan uap air atau H2O, asam nitrat, karbon, asam sulfat, dan kandungan garam.


Lantas, benarkah air hujan bisa membuat seseorang yang terkenanya jatuh sakit? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari hellosehat.com:

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Terhindar dari Cacar Monyet

Saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh kita sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis. Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu.

Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam, seperti influenza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal.

Jadi, sebenarnya terkena air hujan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan bila daya tahan tubuh kita dalam kondisi yang cukup baik.

Biasanya virus flu cenderung berkembang biak lebih aktif saat cuaca dingin atau hujan di dalam ruangan yang dipenuhi banyak orang.

Pasalnya, pada masa tersebut orang cenderung saling berdekatan dalam jarak dekat satu sama lain sehingga virus dapat menular dengan cepat.

Ketika ada satu atau beberapa teman Anda yang sedang terkena flu kemudian bersin dan Anda tanpa disadari menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh orang yang sedang mengalami flu, kemungkinan besar Anda akan ikut terinfeksi.

Baca Juga: 3 Dampak Negatif Penggunaan WiFi

Selain itu, ketika Anda kehujanan, pada saat itu temperatur suhu Anda menurun. Apalagi jika pakaian yang Anda kenakan basah terkena air hujan, hal ini memungkinkan Anda terkena hipotermia karena kondisi badan kehilangan terlalu banyak suhu panas.

Hipotermia memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun yang menyebabkan peluang Anda terinfeksi virus lebih besar. Tak jarang hujan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi dalam hal ini bukan penyebab langsung Anda sakit. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga