Benarkah Tidak Memakai Bra saat Tidur Membuat Payudara Kendur?

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Benarkah Tidak Memakai Bra saat Tidur Membuat Payudara Kendur?
Payudara yang kendur tidak berkaitan dengan penggunaan bra. Sebaliknya melepas bra dapat bermanfaat bagi kulit, terutama buat kamu yang memiliki kulit sensitif di area dada dan punggung. Foto: Repro Hellosehat.com

" Meskipun tidak memakai bra membuat kita lebih bebas dan nyaman, namun ada juga mitos yang menyebutkan bahwa melepaskan bra bisa berdampak buruk pada payudara "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi beberapa wanita, tidak memakai bra di waktu-waktu tertentu seperti saat berada di rumah sepanjang hari, adalah hal yang menyenangkan karena merasa lebih bebas.

Apalagi di waktu tidur, wanita biasanya akan menanggalkan bra agar bisa tidur lebih nyaman. Meskipun tidak memakai bra membuat kita lebih bebas dan nyaman, namun ada juga mitos yang menyebutkan bahwa melepaskan bra bisa berdampak buruk pada payudara.

Misalnya, membuat payudara lebih cepat kendur hingga mengubah bentuk payudara. Lantas benarkah hal tersebut?

Mengutip dari Halodoc.com, tidur dengan bra tidak memberikan efek pada kekencangan payudara. Ketika berbaring, gravitasi akan mendorong payudara untuk berada pada posisinya, bukan turun ke bawah. Penggunaan bra berfungsi untuk menopang payudara dan menyangganya, jadi ini tidak akan memiliki pengaruh signifikan ketika seseorang tidur. 

Justru tidur bisa menjadi momen agar payudara bernapas lega setelah seharian ditopang dengan mengenakan bra. Namun, buat kamu yang merasa nyaman mengenakan bra saat tidur, pilihlah bra yang khusus digunakan saat tidur. Biasanya bahan bra jenis ini lebih nyaman dan kekencangannya bisa diatur sehingga tidak membuat sesak. 

Baca Juga: Kenali Perbedaan Abses Payudara dan Masitis pada Ibu Menyusui

Jaringan payudara terhubung dengan dinding dada dan karena strukturnya, jaringan payudara ini berisiko untuk terguncang bila melakukan gerakan tertentu seperti lari, melompat, dan gerakan aktif lainnya.

Pada situasi ini, penggunaan bra akan sangat membantu supaya payudara tetap pada posisinya dan mengurangi pergerakan berlebihan. Oleh karena itu, kamu tidak akan merasakan nyeri atau sakit. Ketika kamu tidak melakukan aktivitas apapun, penggunaan bra pun sebenarnya tidak menjadi keharusan.

Sementara itu, seperti dikutip dari Kompas.com, spesialis kesehatan payudara di Cleveland Clinic Florida, Amerika Serikat, Cassann Blake MD menjelaskan, pemakaian bra tidak mencegah payudara kendur. Sebaliknya, tidak memakai bra juga tidak menyebabkan payudara kendur atau tidak kencang.

"Mengenakan bra tidak memengaruhi risiko payudara kendur, atau yang disebut ptosis payudara," kata dia, dilansir dari laman Cleveland Clinic.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara Melalui Pola Hidup Sehat

Bukan hanya itu, bra umumnya juga tidak akan memengaruhi bentuk payudara. Namun apabila memiliki payudara dengan ukuran besar, kemungkinan akan merasa lebih nyaman mengenakan bra lantaran bisa membantu mencegah sakit punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Meski begitu, kata Blake, rasa kurang nyaman biasanya muncul apabila salah memilih ukuran bra. 

Di satu sisi, seiring bertambahnya usia, jaringan kelenjar yang padat ini digantikan oleh lemak. Di sinilah ligamen bisa merenggang hingga menyebabkan payudara agak kendur. Mengenakan bra pada kondisi ini bisa membantu membatasi peregangan ligamen. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga