Berbentuk Unik, Kuliner Khas Buton Ini Bisa jadi Peluang Usaha

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Sabtu, 01 Juli 2023
0 dilihat
Berbentuk Unik, Kuliner Khas Buton Ini Bisa jadi Peluang Usaha
Olahan ikan dole, kuliner Kkhas Buton. Foto: Shismawati Inalmizma Via Facebook

" Telah menjadi kuliner khas masyarakat Buton sejak lama, ikan dole atau ikane dole kembali menjadi daya tarik kuliner, karena bentuknya yang unik yaitu berbentuk segi tiga "

BAUBAU, TELISIK.ID - Telah menjadi kuliner khas masyarakat Buton sejak lama, ikan dole atau ikane dole kembali menjadi daya tarik kuliner, karena bentuknya yang unik yaitu berbentuk segi tiga.

Ikan dole merupakan jenis kuliner olahan ikan yang ditumbuk dan dicampur dengan kelapa sangrai, kemudian dibentuk segi tiga dan digoreng dengan minyak panas.

Seperti namanya, ikan dole terbuat dari ikan segar pilihan, berdaging putih padat dan dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah.

Baca Juga: Keindahan Muara Lakologou Baubau Dikelilingi Mangrove dan Pohon Nipah

"Kalau untuk bumbunya harus dihaluskan dulu supaya bisa menyatu dengan adonanan ikannya, bumbunya itu ada bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, cabai keriting, merica halus, jintan, garam kasar, gula pasir, dan penyedap rasa. Kalau untuk takarannya disesuaikan dengan ukuran ikannya saja," beber seorang penjual ikan dole, Tini, Sabtu (1/7/2023).

Dilansir dari laman resmi jadesta.kemenparekraf.go.id, ikan dole memiliki tekstur yang renyah dan cocok disana sebagai lauk ataupun cemilan. Kuliner khas yang satu ini berpeluang untuk menjadi produk wisata kuliner khas Buton.

Keunikan dari ikan dole tidak hanya terletak pada bentukanya yang segitiga, tetapi juga pada cita rasa gurih dan lezat. Ikan dole memiliki tekstur yang lembut, krispi dan kaya akan rempah.

Baca Juga: Mengenal Kapusu Nosu, Kuliner Pengganti Nasi Masyarakat Buton

"Ikan dole ini enak rasanya, anak-anak juga suka, terus tahan beberapa hari, kalau lagi malas masak biasa beli mentahannya saja terus nanti tinggal dibaluri telur terus digoreng," ucap seorang pembeli ikan dole, Rini.

Kuliner yang satu ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Kota Baubau, biasanya ikan dole disajikan dengan nasi hangat atau boleh disantap langsung sesuai selera. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga