Berkaca dari Pemilu 2019, KPU Sulawesi Tenggara Mantapkan Persiapan dan Gandeng BPJS

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 15 Januari 2024
0 dilihat
Berkaca dari Pemilu 2019, KPU Sulawesi Tenggara Mantapkan Persiapan dan Gandeng BPJS
KPU Sulawesi Tenggara mantapkan persiapan jelang 29 hari menuju Pemilu 2024 serentak di Indonesia. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Jelang 29 hari menuju pemilu, KPU Sulawesi Tenggara lakukan persiapan pemilu 2024 yang diikuti oleh KPU kabupaten/kota, dan stakeholder terkait "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang 29 hari menuju pemilu, KPU Sulawesi Tenggara lakukan persiapan pemilu 2024 yang diikuti oleh KPU kabupaten/kota, dan stakeholder terkait.

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto meminta pada semua stakeholder bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Ia juga berharap jika pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar jika diawali dengan perencanaan yang baik.

"29 hari menuju Pemilu ini sangat penting demi keberlangsungan negara dan pemerintahan. Tentunya kita harus persiapkan dengan baik," tuturnya mengawali sambutan di Hotel Claro, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Resmi Dilantik, Andap Ingatkan Program Nasional yang Harus Dijalankan

Ia juga meminta pihak terkait untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti baliho yang tumbang di daerah lain. Ia juga meminta beberapa KPU kabupaten untuk bekerjasama dengan BPJS bagi petugas KPPS yang belum memiliki BPJS.

Daftar pemilih di tiap kabupaten/kota, surat suara bagi difabel hingga partisipasi masyarakat dalam meyukseskan dan menyalurkan hak pilihnya, penyelenggaraan Pemilu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar Pemilu dapat berjalan lancar, mulai dari sosialisasi, pembentukan KPPS hingga distribusi logistik Pemilu.

"Insya Allah Kami akan melantik seluruh petugas KPPS sebanyak 57.087 orang yang tersebar di 17 kabupaten/kota," bebernya.

Selain itu, akan dilakukan bimbingan teknis berjenjang pada petugas KPPS yang tersebar di Sulawesi Tenggara. KPU Sulawesi Tenggara juga menyiapkan dua orang petugas Linmas di tiap TPS.

Baca Juga: Alami Kerugian, Plt Dirut Perumda Kota Kendari PHK Karyawan Secara Sepihak

Persiapan logistik sudah matang dan hari ini adalah jadwal pelipatan surat suara yang akan didistribusikan ke tiap daerah. Distribusi tersebut akan diutamakan di daerah tertinggal.

Dikutip dari Kpu.go.id, masa kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 atau belangsung selama 75 hari. Adapun surat suara yang disediakan terdiri dari lima lembar di antaranya:

- Surat Suara Calon Presiden dan Wakil Presiden

- Surat Suara Calon Anggota DPR RI

- Surat Suara Calon Anggota DPD RI

- Surat Suara Calon Anggota DPRD Provinsi

- Surat Suara Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga